Cheating atau Cheater bagi penggunanya, adalah sebuah tindakan kebohongan atau penipuan yang mengindikasikan kedalam kecurangan. Aktifitas ini digunakan untuk melakukan keuntungan secara tidak adil, atau tidak semestinya untuk kepentingan sendiri, dan sering melibatkan orang lain sebagai korbannya. Sementara Leecher dalam segi bahasa memiliki arti 'Lintah Darat' dan secara makna adalah orang yang mau enaknya saja tanpa memberikan kontribusi apapun. misal dalam pertandingan didalam game Guild vs Guild atau yang dikenal dengan GvG, orang ini tidak ikut dalam pertandingan tapi tetap mendapat hadiah. Leecher didalam game online biasanya dimaknai sebagai orang yang melakukan cheating dengan cara memamerkannya dan sebenarnya tidak tahu apa - apa dari mana cara mendapatkan kode tersebut. menurut saya dalam game Cheater adalah Cheater dan Leecher adalah Leecher. Jelasnya Cheater memiliki tingkatan: Newbie, Medium, Expert. Saya lebih sependapat jika cheater yang suka pamer atau Show Off disebut dengan Newbie. Mereka tidak tau aturan atau mungkin belum tahu aturan. Dimana tindakan itu dikira 'Cool' menurut Newbie dan tidak memikirkan efek sampingan dari kegiatannya.

Dalam pengembangan dari makna cheat ini banyak jenis yang didapat. Diantaranya adalah 'Lagging' dimana orang lain dibuat tersendat hubungan pengiriman data ke servernya sehingga menyebabkan orang lain Lag. Biasaya digunakan untuk game bergenre Fighting. yang lain adalah dengan apa yang disebut 'Exploit' yaitu memanfatkan Bug - Bug yang ada didalam game tersebut. Teknik yang didapan bisa dilakukan dengan cara 'Game Code Modification' melakukan modifikasi code game, misal gameguard dibuang atau bypass. dan teknik paling banyak digunakan adalah 'System Software Modification' dimana cara ini membutuhkan Software pihak ketiga seperti Cheat Engine, Moonlight Engine dll.

Para pelaku Cheat sulit dikenakan sangsi dalam dunia Real dikarenakan tidak adanya pasal yang mencakup kegiatan ini dan sulitnya menemukan bukti yang bisa menyeretnya ke pengadilan. Didalam Game online pelaku kegiatan ini jika ketahuan akan dikenakan sangsi berupa Ban yang mengakibatkan Character ID pelaku tidak bisa digunakan lagi / Blocked. karena setiap pihak penyedia Game biasanya telah memberikan peringatan dalam Term of Use / tata cara penggunaan ketika saat mendaftarkan sebuah ID. Bagaimanapun juga ancaman yang diberikan bagi para cheater ini tidak akan memudarkan mental mereka, malahan mereka akan lebih giat lagi untuk mendapatkan cara menemukan code yang merubah Newbie menjadi Expert. Motto dikalangan Cheater: 'Cheating is Not Crime, but Art'.
Loading comments...
Discover
Misc