Dunia Saat ini sangat tegantung oleh penggunaan telepon seluler. Dimulai dari handset berlayar hitam putih yang hanya bisa mengirim text yang bernama Pager (baca: pajer) dan hanheld monochrome yang bisa mengirim dan melakukan panggilan saja yang tanpa disadari telah mengubah cara hidup kita dan menjadi bagian dari diri kita. Jumlah penggunanya yang semakin meningkat dari hari ke hari menuntut pihak developer untuk menyediakan fasilitas baru yang diberikan kedalam ponsel. Sekarang ponsel dapat digunakan sebagai Calculator, Pemutar Musik, tablet PC, TV, bahkan sampai WEB browser, yang semua itu membutuhkan sistem operasi dan teknologi yang baru.

Mobile Operating System
Sebuah sistem operasi mobile, juga dikenal sebagai mobile OS, mobile platform, atau handheld, adalah sistem operasi yang mengontrol perangkat mobile. Secara prinsipnya sama seperti sistem operasi pada Windows, Mac OS, atau Linux yang mengendalikan komputer desktop atau laptop. Namun, sistem operasi ini agak sederhana, dan lebih fokus menangani bagian nirkabel, mobile multimedia, dan metode input yang berbeda. Contoh umum perangkat yang menjalankan sistem operasi mobile adalah Personal Digital Assistant (PDA), dan apa yang kadang-kadang disebut sebagai Smart Phone.

Sistem operasi yang dapat ditemukan pada smartphone diantaranya: Nokia Symbian, Google Android, Apple IOS, RIM BlackBerry OS, Microsoft Windows Mobile, Linux Mobile, WebOS HP, Bada Samsung, Nokia Maemo dan MeeGo dan masih banyak lagi. Android, Bada, WebOS dan Maemo dibuat di atas salah satu sistem operasi Open Source Linux. Apple IOS dan NEXTSTEP OS berasal dari Berkeley Software Distribution (BSD) yang semuanya terkait dengan system Unix.

Salah satu sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan hari ini adalah android. Android Inc didirikan di Palo Alto di California, AS. oleh Andy Rubin, Rich miner, Nick sears and Chris White pada tahun 2003. Kemudian Android Inc diakuisisi oleh Google pada tahun 2005. Setelah rilis pertamanya, Android telah melakukan sejumlah pembaruan (Patching) dalam versi asli Android.
Grapik Market Canalys Insight 

Mengapa Android Banyak digunakan?
Dibandingkan dengan IOS, Windows Mobile, Symbian dll, Android memiliki beberapa keunggulan. Yang diantaranya:

    Multitasking
  • Memungkinkan pengguna membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan tanpa batasan. contoh seperti kita membuka explorer dan chrome atau firefox disaat yang bersamaan.
    Selalu Update
  • Android menyedian fitur auto update yang membutuhkan koneksi internet, seperti layaknya Windows Update.
    Pengoperasian yang mudah
  • Walaupun kelihatannya simple, namun Android dapat menjalankan banyak aplikasi seperti, streaming, snyc, mail dll, dan semua itu bisa dilakukan dengan mudah.
    Open Source
  • Kata dari Open Source membuat pengguna dapat dengan bebas meng-oprek sofware dari Android (Softmod) yang jika systemnya rusak, dapat dengan mudah di proses oleh pihak penjual Official. berbeda dengan OS lain yang tidak akan bertanggung jawab jika ada kerusakan yang terdapat dalam OS dikarenakan kita telah mengubahnya. kata dari open source ini juga membuat timbulnya berbagai komunitas di internet yang membahas cara-cara memodifikasi OS ini.
    Nama Besar Google
  • Google merupakan nama perusahaan besar, yang tidak menutup kemungkinan dapat menarik developer handal untuk melirik OS ini, dan menjadikannya akan banyak aplikasi yang bagus untuk digunakan bagi pengguna secara gratis maupun berbayar layaknya Chrome dengan WEBSTOREnya.
    Browser
  • Pada versi terbaru (honeycomb 3.1) browser android telah bisa menampilkan 'CSS 3' yang bisa menampilkan sudut ujung web yang kotak 90 derajat menjadi indah. Selain itu Browser ini juga support untuk mamainkan video yang di markup dengan code HTML5 dengan tag pada <object> pada HTML4 menjadi <video>, dan yang paling menarik adalah browser ini bisa menyimpan halaman yang kita inginkan dan memungkinkan kita untuk membuka halaman itu walaupun kita sedang offline (tidak ada koneksi internet). dan tentu saja browser ini bisa memainkan kontent dari Flash
Perbandingan Fungsi (klik untuk Perbesar)
Ponsel telah benar-benar berevolusi dari fitur yang ada sebelumnya. Penambahan hardware terbaru memungkinkan kita, bisa menggunakan fitur canggih seperti bar code scanner, scanner teks/gambar dll yang telah membuat hidup lebih baik dan simple, dan Android telah memainkan peran dalam evolusi ini dengan ribuan aplikasi yang tersedia di pasar Android dan kesempatan terbuka bagi pihak developer/pengembang untuk membuatnya lebih maju dan lebih baik.


Wikipedia EN - Mobile OS
Engineers Garage - Android Introduction
Adobe Blog - Adobe 10 Release for Mobile
Android Official - Android OS official Web
Tech Prone - 10 top Android Mobile Application


Loading comments...
Random Post
Misc