Selama berabad-abad, buku telah ditulis dalam upaya untuk berbagi pengetahuan, inspirasi, dan penemuan. Kadang-kadang buku-buku dapat membuat dampak yang dapat membuat perubajan pada pola pikir setiap orang didunia dalam berbagai hal, mulai dari pendidikan, politik dan pemerintahan, sastra, kehidupan masyarakat, mata pelajaran akademik seperti sains dan matematika, dan agama.

Al-Qur'an
Al-Qur'an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. Wahyu ini diberikan secara berkala dalam rentang 22 Tahun 2 Bulan 2 Hari. Setelah kematian Nabi Muhammad S.A.W. pada tahun 632 Al-Qur'an hanya tersebar dari mulut ke mulut saja. Al-Qur'an dianggap oleh Muslim sebagai firman Allah yang terakhir (setelah Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dari Alkitab Kristen).
Berkaitan dengan adanya kitab-kitab yang dipercayai diturunkan kepada nabi-nabi sebelum Muhammad SAW dalam agama Islam (Taurat, Zabur, Injil, lembaran Ibrahim), Al-Qur'an dalam beberapa ayatnya menegaskan posisinya terhadap kitab-kitab tersebut. Berikut adalah pernyataan Al-Qur'an yang tentunya menjadi doktrin bagi ummat Islam mengenai hubungan Al-Qur'an dengan kitab-kitab tersebut:
  • Bahwa Al-Qur'an menuntut kepercayaan ummat Islam terhadap eksistensi kitab-kitab tersebut. QS(2:4) 
  • Bahwa Al-Qur'an diposisikan sebagai pembenar (verifikator) bagi kitab-kitab sebelumnya. QS(5:48) 
  • Bahwa Al-Qur'an menjadi referensi untuk menghilangkan perselisihan pendapat antara ummat-ummat rasul yang berbeda. QS(16:63-64) 
  • Bahwa Al-Qur'an meluruskan sejarah. Dalam Al-Qur'an terdapat cerita-cerita mengenai kaum dari rasul-rasul terdahulu, juga mengenai beberapa bagian mengenai kehidupan para rasul tersebut. Cerita tersebut pada beberapa aspek penting berbeda dengan versi yang terdapat pada teks-teks lain yang dimiliki baik oleh Yahudi dan Kristen.
Alkitab (sekitar 30SM - 90SM)
Tidak ada keraguan bahwa Alkitab telah banyak melakukan perubahan. Alkitab membuat Kekaisaran Romawi beralih dari paganisme ke agama Kristen. Sejak itu, kekristen telah menjadi agama terbesar di dunia (dengan 2,1 miliar pengikut).  Kelompok Kristen tertua dan terbesar adalah Gereja Katolik Roma yang keanggotaannya (1,05 miliar) sama dengan ukuran semua kelompok Kristen lainnya jika digabungkan. Alkitab terdiri dari dua buku - Perjanjian Lama (diambil dari edisi Yunani yang digunakan oleh Kristus dan para rasul) dan Perjanjian Baru (ditulis oleh beberapa pengikut Rasul Yesus setelah kematian-Nya).

The Rights of Man Thomas Paine (1791)
Paine, adalah seorang penulis Inggris. Paine menyatakan bahwa peran pemerintah adalah untuk melindungi hak-hak warganya, dan ketika pemerintah tidak dapat melakukannya, itu harus digulingkan. Buku ini ditulis untuk mempertahankan Revolusi Perancis dan merupakan inspirasi bagi demokrasi di seluruh dunia. Untuk menghindari revolusi, pemerintah wajib mengetahui apa saja yang berada dibawah kekuasaannya dan harus memantau segala hal menyangkut kepentingan bangsa serta negaranya. Prinsip utama yang menyangkut HAM menurut Paine:
x Manusia dilahirkan selalu dalam keadaan merdeka dan berhak akan penghormatan yang sama atas hak-haknya. Perbedaan sipil hanya boleh didasarkan pada fungsi dan kegunaannya di masyarakat.
x Bangsa adalah sumber dan inti dari seluruh kedaulatan, sehingga tidak satu individu atau seorang manusia pun yang berhak dan memiliki kekuasaan untuk menyalahgunakan kedaulatan itu.
Buku Paine sebenarnya adalah sanggahan langsung terhadap ide Edmund Burke yang menulis Reflection of the Revolution in France yang dipublikasi pada 1790. Menurut Burke, Revolusi Perancis menghancurkan hirarki dan dan tradisi serta sejarah yang telah lama ada. Burke juga yakin, bahwa kebebasan hanya bisa ada secara bertahap (gradual) dari tatanan lama. Menurut Burke, sejarah telah banyak membuktikan bahwa manusia itu penuh ambisi, keserakahan, dendam, munafik. Jika orang diberi hak secara berlebihan, orang akan mau segalanya.

Manifesto Komunis Karl Marx and Friedrich Engels (1848)
Buku ini, ditulis oleh teoretikus komunis Karl Marx dan Friedrich Engels atas perintah dari Liga Komunis, telah menjadi salah satu saluran politik yang paling berpengaruh dalam sejarah. Manuskrip Manifesto ini dikirimkan ke percetakan di London bulan Januari 1848, beberapa minggu sebelum meletus Revolusi Perancis tanggal 24 Februari 1848. Manuskripnya ditulis dalam bahasa Jerman yang kemudian segera terjemahannya diterbitkan dalam bahasa Perancis, Inggeris, Denmark, Polandia dan bahasa- bahasa lainnya. Manifesto menyarankan tindakan untuk sebuah revolusi (kelas pekerja) proletar untuk menggulingkan tatanan sosial borjuis dan akhirnya membawa masyarakat tanpa kelas dan bernegara. Dengan Kutipan yang paling terkenal berbunyi "Kaum Komunis tidak sudi menyembunyikan pandangan-pandangan dan cita-citanya. Mereka menerangkan dengan terang-terangan bahwa cita-citanya dapat dicapai hanya dangan membongkar dengan kekerasan segala syarat sosial yang sedang berlaku. Biarkan kelas-kelas yang berkuasa gemetar menghadapi revolusi Komunis. Kaum proletar tidak akan kehilangan suatu apapun kecuali belenggu mereka. Mereka akan menguasai dunia. Kaum buruh sedunia, bersatulah!"

Asal-usul Spesies - Charles Darwin (1859)
Adalah karya penting dalam literatur ilmiah dan dianggap sebagai tonggak dalam teori evolusi. Judul lengkapnya adalah On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or the Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life (Tentang Asal-usul Spesies melalui Cara Seleksi Alam, atau Pelestarian Kelompok dalam Perjuangan untuk Hidup). Buku ini memperkenalkan teori ilmiah bahwa populasi berevolusi dari generasi ke generasi melalui proses seleksi alam. Isi buku ini kontroversial karena menentang teori penciptaan menurut kepercayaan agama, dan merupakan pencetus timbulnya ilmu bernama biologi di abad ke-19. Buku yang ditulisnya merupakan hasil ekspedisi lautnya dengan kapal layar HMS Beagle pada tahun 1830-an, dan dilanjutkan dengan penyelidikan dan eksperimen setelah tiba kembali dari ekspedisi. Buku ini sangat kontroversial dan menimbulkan banyak perdebatan di bidang sains, filsafat, dan agama. Teori ilmiah tentang evolusi juga telah berevolusi dibandingkan dengan teori awal yang ditulis Darwin, namun seleksi alam tetap menjadi teori ilmiah yang paling banyak diterima untuk menjelaskan evolusi dari suatu spesies. Kontroversi teori penciptaan dan teori evolusi terus berlangsung hingga saat ini.

Masih banyak buku - buku yang dianggap telah merubah pola pikir orang - orang di dunia, diantaranya:
  • Philosophae Naturalis Principia Mathematica oleh Isaac Newton.
    Newton menulis pemikirannya tentang gravitasi, mekanik, kalkulus, dan cahaya dan warna. Buku ini mengatur pandangan untuk pemikiran modern pada matematika dan fisika.
  • The Interpretation of Dreams oleh Sigmund Freud.
    Freud menjelaskan dasar-dasar dan teori tentang psikoanalisis dalam karya monumentalnya yang masih dibaca di seluruh dunia. Pada kenyataannya ia telah membawa ilmu psikologi untuk publik yang menandai bahwa buku ini sebagai salah satu buku yang dapat mengubah dunia.
  • Diary of a Young Girl oleh Anne Frank.
    Buku ini menceritakan tentang keseharian sebuah keluarga Yahudi yang bersembunyi selama pengambilalihan Nazi di Belanda. Kepolosan gadis muda ini begitu penuh mimpi dan harapan dan berakhir di tangan Nazi. Buku ini telah menjadi simbol dan pengingat untuk menentang penganiayaan rasial.
  • Harry Potter and the Philosopher's Stone karya JK Rowling.
    Buku seri pertama Harry Potter ini menjadi sangat populer dan telah memicu imajinasi dari seluruh generasi pembaca muda dan mungkin telah menginspirasi mereka. Memberi dampak positif para anak muda untuk lebih gemar membaca di suluruh dunia.
Loading comments...
Random Post
Misc