Perkembangan komputer di Indonesia saat ini melaju sangat cepat, seakan menjadi tren baru dalam kehidupan sehari hari, ambil saja contoh para mahasiswa yang tidak mau kalah menenteng laptopnya ketika mereka pergi ke kampus. Tidak diragukan lagi kalu para pengguna komputer di Indonesia kebanyakan menggunakan sistem operasi yang kita kenal dengan Windows. Tapi apakah kamu membeli OS itu secara legal?. Hal ini membuat Bill Gates, Sang pemilik perusahaan Microsoft yang merupakan rumah dari windows menjadi geram. Karena kebanyakan software Windows yang di gunakan oleh para pengguna komputer adalah bajakan. Sebenarnya hal apakah yang menyebabkan windows bajakan membuat geram seorang Bill Gates ini? Bukankah Windows Versi Asli memiliki banyak kelebihan?

Windows XP resmi dikeluarkan ke pasaran di bulan oktober pada tahun 2001. Versi ini merupakan produk yang paling banyak dibeli di pasaran. Cepat, stabil dan tampilan yang lebih menarik dari pada windows versi sebelumnya (Versi 1995 kebawah) merupakan kelebihan yang paling menonjol dari versi ini. Kelebihan lain jika kamu menggunakan Windows Versi Asli adalah:

  • Windows Update
    Walaupun telah dinyatakan bahwa tidak ada lagi pc baru yang menggunakan Windows XP setelah tahun 2010, yang dalam artian, stock windows XP telah habis dipasaran, pihak windows masih memberikan layanan updatenya untuk versi SP3. Windows Update ini berguna untuk memperbaiki celah yang dapat di masuki Virus
  • Microsoft Security Essentials
    Aplikasi ini dapat di download di halaman windows dengan gratis. Fungsinya sebagai antivirus bagi windows.
Berbeda dengan windows bajakan yang dihargai hanya dari kisaran Rp.15rb - Rp.30rb, Windows Xp yang asli dibandrol seharga lebih dari $100. Tapi apakah windows bajakan memiliki perbedaan dengan windows asli? Umumnya Windows XP bajakan yang beredar di dunia hanya ada 2 jenis. Baik itu Windows XP Home ataupun Profesional.
  • Windows Bajakan Versi Lite
    Pada Versi ini, dapat ditandai dalam proses instalasinya, yang tidak memerlukan pengguna untuk memasukan serial kedalam windowsnya. Versi ini memiliki banyak kelebihan karena banyak dilakukan modifikasi dengan menambahkan software lain yang otomatis ikut terinstall ketika kita menginstall windows untuk pertama kali. Namun versi ini juga memiliki banyak kekurangan. Banyak bagian yang telah dihilangkan. Seperti fitur Windows Recovery yang dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan semisal gagal booting dan lain-lain. Fitur penulisan dalam berbagai bahasa (Jepang, Korea, Rusia dll) juga dihilangkan. Walaupun ada Windows Lite yang belum ditambahkan beberapa software lain, tapi fitur-fitur itu tetap dihilangkan.
  • Windows Bajakan Original
    CD windows ini sama seperti windows XP original. Belum melakukan perubahan apapun. User diharuskan memasukan serial / CD Key yang diminta. CD Windows ini merupakan Kopi-an dari CD Windows Original
Walaupun begitu, Windows Versi bajakan juga bisa melakukan update dan menikmati berbagai fitur windows Original lainnya. Berbeda dengan sistem pencegahan pembajakan yang ada sekarang ini, Windows tidak melakukan Banned CD Key ketika Serialnya digunakan oleh banyak orang. Jadi Serial yang kamu dapatkan entah darimana datangnya, merupakan CD Key / Serial Asli dari orang yang telah membeli Windows Sebelumnya. Wajar jika kita bisa menikmati semua layanan yang diberikan oleh pihak Windows. Pada Prinsipnya semua Windows bajakan yang beredar di internet memiliki cara kerja seperti hal diatas, termasuk Windows 7. Masuknya Virus di komputer kita, penyebab utamanya adalah windows yang tidak ter-update. walaupun kamu menggunakan antivirus yang handal sekalipun, jika kamu tidak mengupdata windowsmu, maka jangan heran jika banyak bagian dalam windows yang korup karena serangan virus ini.

Microfost - The History of Windows
Microsoft - Official Windows Website
Loading comments...
Discover
Misc