Kapan terakhir kali kamu mengupdate Antivirus? Bagaimana dengan Windows? Apakah sudah terupdate?. Meskipun melakukan update pada PC kelihatannya sudah menjadi tugas sehari-hari, tetapi itu merupakan salah satu bagian yang jika diabaikan cukup lama, dapat menyebabkan masalah serius seperti hilangnya data dan rusaknya sistem komputer.
Untuk menghindari kerusakan - kerusakan ini, tanyakan pada diri masing - masing pada pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah Antivirusmu sudah up to date?.
Sebagian besar infeksi virus adalah dikarenakan pengguna tidak memperbarui definisi virus komputer mereka. Virus komputer semakin hari semakin pintar, jika Antivirus tidak terupdate maka sangat besar kemungkinan Virus tersebut dapat mengelabui Antivirus tersebut. Sebagian besar aplikasi antivirus melakukan update secara otomatis ketika terkoneksi ke internet, tapi jika kita baru menginstall Antivirus tersebut dan melakukan Update secara otomatis, pasti akan memakan waktu yang lama, oleh dari itu biasanya pihak pembuat Antivirus tersebut memberikan update secara manual / secara offline yang dapat di download dari Official Web dari Antivirus tersebut.

2. Apakah Windowsmu sudah up to date?.
Walaupun Antivirus sudah upto date, masih ada kemungkinan ada virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus. Virus kemudian mencari celah ( Bug, Error ) yang ada pada windows lalu memanfaatkannya dan mengexploitasi dirinya. Dengan dilakukannya Update pada Windows, akan menutup celah - celah yang telah diketahui pihak windows didalam PC kita. Windos update shorcutnya terdapat pada bagian Start Menu.

3. Apakah Firewall sudah berlaku bagaimana semestinya?.
Jika kita terkoneksi kedalam internet, tidak diragukan seorang hacker bisa mengexploitasi komputer kita, mencuri koneksi internet kita misalnya, sehingga menyebabkan kerja PC menjadi lambat. Firewal membatasi koneksi - koneksi yang tidak di inginkan, seperti remote access. Windows firewall dapat diaktifkan melaui bagian Control Panel.

4. Apa kamu memiliki Anti Spyware?.
Spyware merupakan program yang bisa memantau penjelajahan kita di internet, hal - hal yang kita lakukan ketika kita terkoneksi dikirimkan oleh sang pembuat spyware tadi. Spyware bisa mencuri data pribadi kita seperti Email dan kemudian melakukan Spam pada Email tersebut, juga Spyware mengirimkan iklan atau juga VIrus berkat penelitiannya. Windows Memberikan fasilitas gratis untuk para penggunanya. yaitu Microsoft Security Essential yang berguna untuk menangkal virus termasuk Spyware.

Kalau Empat hal diatas sudah terpenuhi, dijamin komputer akan terbebas dari hal - hal yang tidak di inginkan, alias Safe atau Aman.

Reference:
Microsoft - Download Microsoft Security Essentials
Kaspersky - Download Manual Update Kasperky Antivirus
AVG - Download Manual Update AVG
Loading comments...
Discover
Misc