Jika kamu menggunakan layanan internet dirumah, pasti kamu tahu akan istilah firewall. Windows pasti mengingatkan kita kalau firewall kita tidak aktif. Sebenarnya untuk apa firewall itu?

Firewall adalah sebuah perangkat atau set perangkat yang dirancang untuk menyaring informasi yang akan mengizinkan atau menolak transmisi jaringan yang dikirim maupun diterima.  Firewall ( dinding api ) istilah yang awalnya berasal dari sebuah konstruksi anti kebakaran yang membatasi meluasnya kebakaran dengan membuat dinding anti api . Kemudian menggunakan acuan itu dengan membuat struktur yang serupa.

Firewall bekerja dalam mencegah akses dari penyerang untuk memasuki Port - Port tertentu dalam komputer, yang secara tidak sengaja membuat port itu terbuka dan membatati layanan internet yang dipakai. Misalnya pada sebuah perusahaan besar yang memiliki banyak komputer. Komputer yang ada dalam perusahaan itu dibatasi hak aksesnya untuk menggunakan layanan internetnya, seperti mencegah akses untuk ke facebook.

Fungsi dari firewall yang dapat digunakan pengguna dalam OS Windowsnya dibagian Control Panel, misalnya seperti Remote Desktop, IMAP, SMTP, POP3 dan mencegah sofware yang tidak jelas asalnya diperbolehkan bekerja di dalam sistem operasi tersebut.

Remote Desktop memiliki fungsi untuk menggunakan komputer pribadi, yang ketika itu kita sedang tidak dirumah, dengan kata lain yaitu menggunakan komputer dengan komputer lain. Contoh yang paling umum ditemui adalah dalam warnet, ketika sang operator warnet tersebut mematikan ( Shut Down) PC Client dari PC Server. Jika tidak digunakan firewall ( pembatasan penggunaan ), mungkin orang lain bisa juga mendapatkan akses remote ini dan mengambil data secara tidak sah pada komputer kita. Sementara IMAP. SMTP, dan POP3 adalah istilah yang digunakan untuk me-remote Email masuk dan keluar dari layanan Email.
Istilah yang sering ditemui:
  • IP (Internet Protocol) - sistem utama dalam pengiriman informasi melalui Internet
  • TCP (Transmission Control Protocol) - digunakan untuk memecah dan membangun kembali informasi yang dikirimkan melalui Internet
  • HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) - digunakan untuk halaman web
  • FTP (File Transfer Protocol) - digunakan untuk download dan upload file
  • UDP (User Datagram Protocol) - digunakan untuk informasi yang memerlukan respon, seperti streaming audio dan video
  • ICMP (Internet Control Message Protocol) - digunakan oleh router untuk bertukar informasi dengan router yang lain
  • SMTP (Simple Mail Transport Protocol) - digunakan untuk mengirim informasi berbasis teks (e-mail)
  • SNMP (Simple Network Management Protocol) - digunakan untuk mengumpulkan informasi sistem dari komputer remote
  • Telnet - digunakan untuk melakukan perintah pada remote komputer
Berikut ini rereferensi external yang menjelaskan lebih jauh tentang Firewall:
Technet Microsoft - Windows Firewall
Wikipedia - List UDP / TCP Port
Loading comments...
Random Post
Misc