Percayakah Kamu Bahwa Gambar ini Merupakan Ilusi Mata?

Qi Xinghua adalah seorang artis  China dalam bidang lukisan 3D. Lukisannya yang diberi judul 'Lion's Gate Gorge' membuat namanya tercatat dalam Guinness Book of Records pada tanggal 17 December 2010, untuk hal 'Lukisan 3D terbesar (Largest Anamorphic Painting) di seluruh dunia'.  Memiliki lebar  23 meter, panjang 32 meter dan tinggi untuk temboknya mencapai 6 meter. Gambar ini dibuat di alun-alun di depan sebuah pusat perbelanjaan di Guangzhou (China) tepatnya di Baiyan Wanda Plaza.

Gambar besar itu dengan susah payah diciptakan oleh Qi Xinghua, master dari Central Academy of Fine Arts di China, yang mengatakan ia membutuhkan satu bulan untuk menyelesaikannya. Lukisan ini begitu hidup, saking hidupnya, jika seseorang berdiri diatas gambar tali, mereka akan merasa pusing jika melihat kebawah.

Seorang juru bicara Guinness World Records berkata: "Lukisan, berjudul Lion's Gate Gorge, memiliki luas sebesar 892.15m ² dan membuatnya masuk dalam Guinness World Record untuk kategori lukisan terbesar di bidang anamorphic. mengalahkan rekor sebelumnya dengan lukisan berukuran 535.3m ² yang juga dibuat oleh Qi dengan perbedaan luas sekitar 356m ²."

Qi Xinghua menggunakan teknik yang dipopulerkan oleh seniman jalanan Amerika bernama Kurt Wenner, seorang mantan ilustrator NASA yang mulai melukis jalanan di Roma pada tahun 1982. Anamorphic Art - adalah teknik yang digunakan oleh seniman klasik untuk menciptakan ilusi tinggi, memberikan persepsi kedalaman, dan  ke permukaan jalan.





Mungkin kamu akan terpesona, terdiam tanpa kata melihat gambar tersebut. tapi apakah yang membuatnya terlihat sebagai ilusi?. Coba perhatikan bayangan dari orang yang berada di 'tali'. Bayangannya bukan kebawah, tetapi bayangannya datar!!!

Reference:
Qi Xinghua - Official Qi Xinghua Website
Guiness World Record - Largest Anamorphic Painting
Loading comments...
Discover
Misc