Daun adalah pabrik makanan bagi tanaman. Tanaman mengambil air dari tanah melalui akar mereka. Mereka mengambil gas yang disebut karbon dioksida dari udara. Tanaman menggunakan sinar matahari untuk mengubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen dan glukosa. Oksigen adalah gas di udara yang kita butuhkan untuk bernafas. Glukosa adalah semacam gula. Tanaman menggunakan glukosa sebagai makanan untuk energi dan pertumbuhan. Cara tanaman merubah air dan karbon dioksida menjadi oksigen dan gula disebut fotosintesis. Untuk berfotosintesis, tanaman memerlukan cahaya. Sebuah senyawa kimia yang disebut klorofil membantu membuat fotosintesis terjadi dengan caranya meyerap cahaya. Klorofil juga yang telah memberikan pigmen hijau pada daun.

Di daerah yang dimana memiliki banyak musim, warna daun bisa berubah-ubah. Ada Yang tetap hijau, kuning, oranye, dan coklat. Saat musim panas berakhir dan musim gugur datang, hari-hari untuk mendapatkankan makanan semakin sempit. Bagi tanaman ini merupakan pertanda bahwa musim dingin akan datang.

Chlorophyll
Selama musim dingin, tidak ada cahaya dan air yang cukup untuk berfotosintesis. Pohon-pohon akan beristirahat, dan hidup dari makanan yang mereka simpan selama musim panas. Mereka mulai menutup pabrik makanan mereka. Klorofil yang berwarna hijau menghilang dari daun. Seperti kita tahu bahwa klorofil meyerap cahaya spektrum elektomagnetik merwarna biru dan merah juga ungu lalu mereflesikan spektrum hijau. Setelah warna hijau menghilang, kita mulai melihat warna kuning dan oranye. Sebagian kecil warna ini sebenarnya telah ada sepanjang hari dalam daun. Tetapi kita tidak bisa melihatnya di musim panas, karena mereka ditutupi oleh klorofil hijau.

Warna merah cerah dan ungu yang kita lihat dalam daun, sebagian besar dibuat di musim gugur. Di beberapa pohon, seperti maple yang tumbuh di benua eropa dan merupakan lambang dari negara Canada, glukosa terjebak dalam daun setelah berhenti fotosintesis. Sinar matahari dan malam-malam yang dingin pada musim gugur menyebabkan glukosa pada daun ini menghasilkan warna merah.


Wikipedia [EN]
Maple TreeChlorophyllPhotosynthesis
Loading comments...
Discover
Misc