Ketika kamu sedang menggunakan komputer, mungkin kamu meng-klik shortcut yang berada di bagian layar untuk membuka sebuah aplikasi, atau mungkin kamu men-scroll untuk melihat gambar yang besar. Peralatan yang sangat membantu kita dalam mengoperasikan komputer ini, disebut dengan Mouse. Mouse juga memudahkan kita ketika kita ingin meng-klik sesuatu dengan cara mengarahkannya. Bayangkan jika kamu hanya menggunakan keyboard. Mungkin kamu akan sibuk menekan tombol tab berkali-kali, dan ini membuat kekesalan karena tidak jelasnya arah objek yang dituju. Tapi, tahukah kamu bagaimana alat itu dinamakan Mouse?

Pada tahun 1963 seorang bernama Douglas Engelbart membuat alat spesial ini untuk memudahkan para pengguna komputer. Bentukya kotak dari kayu balok, bawahnya ada roda-roda, memiliki satu tombol di salah satu pojoknya, dan disambungkan ke komputer dengan kabel panjang yang jika dilihat dari jauh, alat itu seperti mouse (tikus). Salah seorang peneliti yang membantu Engelbart yaitu Bill English's menyebut alat ini "Mouse" lalu, disebutlah alat ini dengan nama yang kita kenal sekarang.

Ide dasar dari mouse datang kepadanya ketika ia duduk dalam konferensi dalam sesi tentang komputer grafis pada tahun 1961. Idenya adalah dengan menggunakan roda-roda kecil yang melintasi meja, satu bergerak horizontal, dan satu memutar vertikal (koordiant X & Y), masing-masing mentransmisikan analisa lokasi koordinat dalam layar. Alat ini lalu dapat digunakan khalayak umum pada tahun 1968 dan dipatenkan pada tahun 1970.

Douglas Engelbart & Mouse Pertama di Dunia

Sejak saat itu (1970), banyak perusahaan seperti Xerox, Apple, Microsoft, dan Logitech telah memasarkan jutaan mouse dan menyempurnakan bentuk dan fungsi dari mouse tersebut.

Reference:
Doug Engelbart  - First Mouse
Macworld - Noble History
Loading comments...
Discover
Misc