Google Merupakan satu dari nama perusahaan besar yang ada di bumi. Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan, dengan prsentase sebanyak 53,6%, meninggalkan Yahoo! (19,9%) dan Live Searchnya microsoft (12,9%). Google memiliki miliaran rekaman (tembolok) halaman web, sehingga memungkinkan pengguna dengan mudah menemukan apa yang mereka cari.

Dimulai pada tahun 1996, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa pascasarjana Universitas Stanford di Amreika, membangun sebuah mesin pencari yang disebut "BackRub". Mereka menyadari kalau mesin pencari yang ada, banyak mengalami kesalahan, dalam artian halaman yang ditampilkan tidak relevan dikarenakan hanya melihat halaman dari sisi Judul halamannya saja. Melalui "BackRub" mereka membuat apa yang sekarang telah kita kenal dengan "PageRank". Mesin itu bekerja dengan mengumpulkan judul yang relevan dan menganalisa isi dari dari halaman tersebut, sehingga memperkecil kesalahan yang ada pada mesin pencari yang lain. Sejak itu, Google telah berkembang dengan pesat. Dari hanya menawarkan produk pencarian kata sampai pelayanan pemasangan iklan dan banyak jasa lain yang memanjakan penggunanya.

Dibawah ini merupakan Applikasi yang ada dan bisa dinikmati oleh para pengguna google, dan merupakan alasan mengapa saya menggunakan google.

  • Gmail
    Gmail merupakan layanan email yang benar-benar gratis yang diberikan oleh google. Layanan ini memungkinkan kita untuk memforward email yang di terima akun kita ke berbagai software termasuk dalam Handphonemu yang kita kenal dengan istilah POP / IMAP forwarding. Salah satu keunggulan Gmail adalah memungkinkan kita untuk menggunakan aplikasi google yang lain, seperti istilah satu untuk semua dan semua untuk satu. Untuk mendaftar, pengguna harus menggunakan Handphonenya untuk menerima konfirmasi kode yang nantinya digunakan untuk dimasukan ke bagian konfirmasinya dan menandakan bahwa akun kamu telah aktif. Tenang saja, Google mengirimkan SMS ke handphone mu dengan tidak dipungut biaya, alias Gratis. Jadi, kenapa tidak mendaftar?
  • GoogleTalk
    Memungkinkan kamu untuk chatting dengan semua manusia diplanet bumi yang telah mendaftar gmail. Sayangnya, dibandingkan dengan Yahoo! Messenger 11, Gtalk belum bisa mengkoneksikan Chat nya dengan user Social media seperti facebook. Mungkin ini disebabkan dengan ukurannya yang hanya 1.6Mb. Tapi jangan takut dulu, karena akun gmail kita bisa di koneksikan dengan applikasi yang lain sejenis GAIM dll.
  • Picasa
    Picasa adalah layanan google yang bergerak dibidang penyimpanan gambar. Mingkin kamu pernah menggunakan beberapa layanan ini seperti ImageShack, tapi gambar yang kita upload kesana bisa hilang dikarenakan berbagai hal. Picasa hadir untuk menyelesaikan masalah ini.
  • Blogger
    Layanan ini memungkinkan kamu untuk membuat web sendiri berbasis blog. Jutaan orang telah mendaftar. Dari yang Expert sampai Pemula. Banyak website telah menyediakan thema / Skin yang beragam jika kita tidak suka dengan tema default yang diberikan oleh blogger. banyak juga cara memodifikasi tampilan blog menjadi seperti yang kita mau yang bisa kamu cari di semua jasa mesin pencari. Jika kamu mengupload gambar di blogger, jangan takut hilang. Karena gambar yang kamu upload otomatis masuk ke akun picasamu.
  • Google Translate
    Ini merupakan layanan yang mulai banyak digunakan oleh semua orang pengguna internet. Mesin penerjemah online otomatis. Kamu bisa menerjemahkan jutaan kata sekaligus secara bersamaan kedalam berbagai bahasa. Walaupun masih banyak kesalahaan dalam penyusunan kata dalam satu paragraf bahasa indonesia, namun Google terus belajar dari kata-kata yang telah kamu koreksi untuk kemudian menjadi terjemahan yang sempurna. Kamu juga bisa menerjemahkan tulisanmu yang telah disimpan dalam format apa saja.
  • Chrome Browser
    Salah satu browser baru yang menurut saya sangat ringan ketika digunakan, dalam artian tidak cukup memakan banyak memori komputer walaupun kamu membuka banyak tab pada browser ini. Selain itu, Tampilannya yang simple menjadikan alasan bagi saya untuk menggunakan Browser ini daripada firefox. Browser ini telah terintegrasi dengan Google Translatenya Google. Jadi ketika kamu membuka sebuah Website berbahasa inggris dan kamu menggunakan bahasa Indonesia dalam Chrome Browser, maka akan ada pilihan untuk menerjemahkannya atau membiarkannya. Namun sayangnya Google tidak memberikan Installer Chrome dalam bentuk offline, mungkin ini adalah alasan penting kenapa warnet-warnet di indonesia tidak menginstall Browser ini. Adapun Offline Installer yang beredar di internet, mempunyai kekurangan tidak bisa melakukan update.
  • Chrome WebStore
    Webstore merupakan layanan yang dapat digunakan hanya dari Chrome browser. Didalamnya berisi berbagai aplikasi mulai dari games, tema / skin chrome, plugin, dari yang Gratis sampai yang berbayar. Layanan ini mewajibkan kamu untuk masuk kedalam akun googlemu. Layanan yang sering saya gunakan adalah games nya. Games yang telah kamu install kedalam chrome bisa kamu jalankan ketika kamu offline.
  • Google Plus
    Google plus merupakan layanan yang memungkinkan kamu mengoptimalkan mesin pencari google. Dengan cara kerja, Ketika kamu mendapatkan ikon Google Plus dan kamu mengkliknya, maka jika ada temanmu yang telah memiliki akun google, mencari kata yang hampir sama dengan apa yang kamu berikan Plus, otomatis halaman itu terletak pada bagian teratas pada mesin pencari google.
  • Google Maps
    Layanan ini adalah sisi kecil dari Google Earth. Memungkinkan kamu mencari alamat seseorang dengan menampilkan map secara 2D ataupun 3D. Menampilkan perkiraan waktu ketika kamu menaiki bus kota, motor ataupun jalan kaki ketika akan menuju kesana.
    Mobile Apps
  • Google Maps Mobile + Google Latitude
    Jika Handphone mu telah memiliki fitur GPS maka google maps ini dapat men tracking keberadaanmu layaknya Maps Pada Blackberry. Jika pada Aplikasi Google Maps mu ada Pilihan untuk login Google Latitude, maka temanmu yang juga telah login ke latitude akan mengetahui dimana kamu sedang berada.
Masih banyak layanan yang diberikan google selain layanan yang telah disebutkan diatas. Dalam hal Social Media, akun google bisa digunakan dimana saja termasuk login ke yahoo menggunakan akun Gmail. Tidak menutup kemungkinan kedepannya akun google akan bisa dilakukan untuk menggunakan layanan lain yang belum berhubungan dengan google maupun aplikasi baru yang akan dikeluarkan google. Jadi, Kenapa Belum Mendaftar?

Lihat Juga:
RSS Reader & Pengertian RSS

Reference:
Google Company - More Information About Google
Web Workshop - What is Pagerank
Smart Money Daily - BackRub Project
Search Engine Watch - Search Engine Top 10 August 2007
Loading comments...
Discover
Misc