Ketika udara dingin, normalnya kamu akan merasakan tubuhmu ingin buang air kecil terus. Misalkan kamu pergi jalan - jalan ke Puncak, atau naik gunung, atau juga cuaca diluar sedang hujan sehingga menyebabkan udara menjadi dingin, pasti sebentar - sebentar kamu akan pergi ke toilet untuk buang air kecil. Mengapa begitu?

Tubuh  membutuhkan nutrisi dari makanan dan menggunakannya untuk mempertahankan semua fungsi tubuh termasuk mendapatkan energi. Setelah tubuh kita sudah mengambil apa yang dibutuhkan dari makanan, produk limbah atau sisa, tertinggal dalam darah dan dalam usus. Sistem kemih menghilangkan jenis limbah yang disebut urea dari darah kita. Urea dihasilkan ketika makanan yang mengandung protein, seperti daging, unggas, dan sayuran tertentu, dipecah dalam tubuh. Urea dibawa dalam aliran darah menuju ke ginjal, yang berfungsi untuk memisahkan urea yang dibawa oleh aliran darah melaui unit penyaringan kecil yang disebut nefron. Ini merupakan alur yang wajar untuk setiap kali kita buang air.

Namun, ketika cuaca dingin, tubuh kita bereaksi lain terhadap produksi urin. Paparan dingin menyebabkan penurunan aliran darah ke permukaan kulit yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga menghambat keluarnya cairan dalam tubuh dari hasil uap pembakaran energi, sehingga secara tidak langsung tubuh merespon dengan melepaskan cairannya melalui urin dan menjadikan lebih sering buang air. Orang yang sering kencing pada saat udara dingin adalah merupakan hal yang wajar , seperti jumlah keringat yang dikeluarkan ketika udara panas.

Pada dasarnya, Manusia tidak memiliki sistem kekebalan langsung terhadap cuaca yang dingin. Misalkan bulu pada beruang kutub yang sangat tebal berfungsi tetap menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat. Adaptasi terhadap cuaca dingin pada manusia dibantu oleh pakaian yang pas, seperti jacket yang tebal.

Untuk bertahan dari cuaca dingin, manusia membutuhkan setidaknya 2 langkah yang terbilang sangat efektif. Pertama, menghasilkan panas tubuh yang cukup untuk membakar energi sehingga berkeringat. Kedua, mencegah hilangnya panas dari tubuh, seperti menggunakan pakaian yang tebal.

Lihat Juga:
Kenapa Kita Berkeringat?

Reference:
Cool Antarctica - Human Survive Cloud
Wikipedia [EN] - Urination
Loading comments...
Discover
Misc