Perkembangan dunia media bergerak pesat, tak terkecuali dengan hardwarenya. Sebut saja DVD Player yang kita miliki di rumah, atau Play Station 2 [PS2] yang bisa memainkan file berformat mp3 dan AVI.

DVD RIP tujuan utamanya adalah memback-up DVD Movie yang kita miliki untuk disimpan ke dalam PC, walaupun dengan begitu sebagian orang menyalah gunakan fungsi ini dan kemuadian membajaknya ataupun melakukan sharing terhadap komunitasnya.

Banyak Software yang bisa digunakan untuk melakukan Ripping DVD ini, namun saya memilih mengggunakan software dari effectmatrix.com yang bernama  "E.M DVD Copy" yang sangat user friendy tanpa kita harus melakukan advance setting manual output dari formatnya seperti kebanyakan software lain.


Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan RIP DVD ke dalam format AVI .

  1. Download E.M Copy DVD di http://www.effectmatrix.com/free-DVD-copy/ dan install.
  2. Masukan film dari DVD yang kita miliki.
  3. Buka E.M DVD Copy dan klik pada tombol RIP.
  4. Pada tampilan pilihan format, klik pada AVI.
  5. Pada tampilan DVD Input Info, pilih audio channel dan Subtitle, pada subtitle biarkan kosong jika mau.
  6. Klik pada bagian RIP NOW untuk memulai prosess Ripping.
  7. Selesai.

Catatan, kita bisa mengatur Advance Setting setelah kita masuk pada tahap 5 diatas, jika mau kita bisa merubah ukuran Video yang nantinya kita akan gunakan pada bagian Setting > Video Resize.

Pada settingan default / normal, saya mencoba melakukan RIP terhadap DVD Film 'Despicable Me' yang saya miliki yang ukrannya kira-kira 2Gb, setelah Proses Rip Selesai saya mendapatkan Output AVI yang berukuran 550Mb tanpa berkurangnya kualitas gambar, sangat menghemat space daripada kita mengkopi penuh isi dari 1 DVD tersebut.

E.M DVD Copy terbagi menjadi  2 jenis, Free dan Pro.
Untuk Versi Pro kita bisa mendapatkan berbagai macam format seperti, mpeg4, 3gp, WMV, ASF, Mov, iPod, iPhone, Apple TV, PSP, Nokia, Sonycellphone, AVI, Divx, Xvid, H264, Mjpeg, Swf, FLV, Gif, DVD mpeg, SVCD mpeg, VCD mpeg, Apple Quicktime, HD Mpeg TS, MPEG1 dll.

Sementara Untuk Versi Free kita bisa mencoba berbagai format diatas selama 15 hari setelah proses penginstallan. walaupun begitu, Versi Free masih bisa menggunakan format AVI, mpeg, wmv, flv, jpeg sampai kapanpun.

Reference:
effectmatrix.com - More Detailed About E.M DVD Copy
Loading comments...
Discover
Misc