Nintendo DS atau lebih kita kenal dengan NDS, memiliki kelebihan pada interactive gameplaynya, Sebut Saja Professor Layton Series. Mungkin ini menjadikan alasan mengapa para pengguna laptop dan PC memilih untuk bermain dengan NDS. NDS semakin populer dengan adanya berbagai Emulator untuk PC yang salah satunya adalah No$GBA

No$GBA dasarnya sudah memiliki fitur untuk memasukan kode 'Action Replay' dan 'CodeBreaker' yang bisa kita temukan di internet, tapi tidak menutup kemungkinan kalau Code Cheat dari game yang kita cari tidak terdapat di mesin pencari manapun atau, Code Cheat yang tertera tidak sejalan dengan apa yang kita inginkan, atau juga kita memiliki kendala untuk terkoneksi ke internet.
Dengan adanya kekurangan diatas, Cheat Engine bisa menjadi solusinya, dan berikut langkahnya.

First Step
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan meng-klik tombol dan setelah jendela 'Process List' muncul, cari dan klik pada 'No$GBA.exe'

Basic Step
Setelah melakukan tahap pertama, kita tinggal mencari nilai-nilai yang ada pada Game yang kita sedang mainkan. Saya mengambil Contoh untuk mencari Kode untuk Uang atau MAX Money pada "Luminous Arc 2"
A. Pada bagian Value, masukan jumlah uang yang kita miliki sekarang. Misal "2100" dan Klik pada tombol [First Scan]
B. Setelah Selesai melakukan Scan Pertama, kembali ke game dan lakukan modifikasi pada nilai tersebut didalam game, misalnya dengan membeli atau menjual sebuah barang di Shop.
C. Sehabis melakukan modifikasi, ingat dan masukan nilai terbaru kedalam kolom value pada Cheat Engine, misalnya kita membeli barang seharga '300' maka masukan nilai '1800', lalu klik Pada tombol [Next Scan]

Hasil temuan dari apa yang kita cari tadi, tedapat pada kolom sebelah kiri dalam cheat engine. Langkah pada point "B dan C" bertujuan untuk mengeliminasi dari hasil temuan yang mungkin jumlahnya ribuan. Jika hasil cari masih terlalu banyak, ulang point B dan C sampai mendapatkan 1-3  nilai temuan dan klik 2x pada nilai tersebut.
Untuk mengubah nilai yang kita temukan, cukup dengan mengklik angka 1800 pada bagian bawah dari Cheat Engine. Jika Address tersebut benar, maka akan terlihat perubahannya pada game. pada Luminous Arc 2, setelah mengubah nilai, coba beli sebuah barang dari toko dan lihat perubahannya.

Catatan Penting. Pada Cheat engine terdapat bagian "Value Type" yang merupakan type dari Nilai yang kita akan cari. Pada kasus untuk mencari nilai uang, Money atau Gold ini masuk ke Value Type 4byte, dimana biasanya jumlah Max Money pada tiap game NDS adalah "9.999.999" sedangkan pada kasus mencari nilai HP atau Health Point pada satu karakter Memiliki nilai Max 999 sampai 9.999 yang berarti masuk pada bagian 2byte. Perbedaan byte menyebabkan kita tidak bisa menemukan Nilai 2byte semisal Nilai HP pada saat mencari di cheat engine dengan "Type Value 4Byte"

Tabel Value Type
Type Hex Decimal
Byte 0 - FF 0 - 255
2Byte 0 - FFFF 0 - 65.535
4Byte 0 - FFFFFFFF 4.294.967.295

Dalam Kasus Basic Cheat Engine dengan NDS, Cheat yang telah kita simpan dalam bentuk .CT, besar kemungkinan hanya bisa digunakan sekali saja, alias address yang tertera sudah berubah dan nilainya menjadi salah. Hal ini wajar karena No$GBA menggunakan DMA atau Dynamic Memory Allocation. Program ini menggunakan Address sebagai penyimpanan sementara ( Temporary Storage) saja dan jika kamu memulai kembali sebuah game, semuanya akan berada di lokasi yang berbeda, jadi jangan heran kalau kita membuka Save File dari .CT yang kita buat nilainya sudah tidak sama lagi. Maka dari itu diperlukan Addres Pointer agar address yang kita dapatkan bisa terus mengikuti perubahan tersebut.

Untuk menemukan sebuah pointer, kita memerlukan dengan apa yang disebut dengan "Base Address".
Baca Artikel Bagaimana Mencari Pointer dan Base Address Pada No$GBA untuk lebih jelasnya.

Source:
Wikipedia - Dynamic Memory Allocation
CheatEngine.org - Download Cheat Engine
US Codejunkies - Official US NDS AR Code
UK Codejunkies - Official UK NDS AR Code
Loading comments...
Random Post
Misc