Istilah Brick, atau Batu Bata jika diartikan ke indonesianya, kerap terjadi karena kesalahan kita saat meng-utak atik isi Software dari suatu gadget. Misalnya, user iseng mencoba applikasi yang berbau Root tanpa membaca atau mencari tahu terlebih dahulu apa fungsi, Error, dll yang ada pada Aplikasinya. Contoh aplikasi Swapper2, aplikasi ini di Klaim bisa menambah kinerja Android dengan menggunakan SDCARD sebagai Swap partisi. Jika setelah user menginstall Swapper 2 lalu Klik "ON" maka tidak akan terjadi apa-apa, hanya saja ada pesan ERROR di bagian Log nya. Sementara jika user mengaktipkan Fungsi Use Partition yang ada di bagian advance Settings, setelah di "ON" akan muncul FORMAT mmcblk0p3 sukses namun swap gagal, dan setelah dimatikan Maxi tidak akan Bisa Hidup Lagi.

Kali ini kita akan membahas cara agar Andromax-i yang Matot tersebut bisa bangkit kembali dari masa Hibernasinya tanpa perlu datang ke Gallery terdekat. Namun ada Syaratnya jika menggunakan metode ini, yaitu Andromax-I masih terdetect di PC walaupun Drivernya tidak dikenali, yang kedua Sudah memiliki unduhan dari TFUPDATE eg909.v1 Andromax-i yang link Unduhnya bisa kalian cari sendiri. TFUPDATE yang paling baru sampai Post ini dibuat Adalah 7 November 2012. dan ketiga, yaitu memiliki Peralatan Perang yang bisa di unduh dari Link yg ada dalam bagian bawah pada Post ini dan menginstall ke 2 software tersebut..

Disini, saya akan membahas 2 Tipe Brick yang terbaca di PC, Qualcomm HS-USB Diagnostics 9006, dan Qualcomm HS-USB QDLoader 9008. Perlu diketahui, cara yang akan kita gunakan ini adalah cara untuk memperbaikin partisi dari andromaxi kedapatan ada yang rusak dikarenakan Human Error.

Pada kasus Qualcomm HS-USB Diagnostics 9006, itu artinya EMMC [partisi andromax-i] masih terbaca oleh PC, tandanya yaitu akan muncul Drive baru tapi cuma ada pilihan Format jika kita sengaja meng-Klik Drivenya. Sedangkan pada kasus Qualcomm HS-USB QDLoader 9008, EMMC sama sekali tidak terbaca, tetapi hanya terbaca tipe PORT jika dilihat di bagian Device Manager.

***Langkah Flash Andromax-I
  1. Pastikan sudah mendownload dan menginstall kedua Software yang saya berikan tersebut.
  2. Colokan Andromax-I ke PC, jika merespons nanti dia akan mencari Drivernya sendiri, Jika tidak drivernya ternyata Not Found, arahkan pencarian Driver ke Xiaomi\MiPhone\Qualcomm Driver lalu Klik Continue Installation.
    • Cara berikut untuk yang terbaca HS-USB QDLoader 9008
      • Gabungkan isi file yang ada didalam folder eg909.v1\APPS dan eg909.v1\ARM kedalam folder CONF
      • Dari start menu cari dan eksekusi EMMC Downloader yang ada di QPST
      • Klik Browse dan Cari Q/QPC -XXX Download
      • Pada bagian Flash Program isikan MPRG8X25.hex
      • Pada bagian Boot Image ketikan 8X25_msimage.mbn
      • Klik bagian Load XML def  lalu arahkan ke EG909.XML yang ada di folder CONF yang sudah digabungkan tadi.
      • Load Patch def  dengan menge-klik-nya dan arahkan ke PATCH0.XML
      • Klik pada tombol Download
      • Setelah itu eMMC akan terlihat seperti Hang, tapi biarkan saja tunggu sampai muncul pesan Error. Jika kira-kira terlalu lama, klik saja tombol Cancel

      • Setelah muncul pesan Error, kembali klik Browse lagi, lalu klik COM Port yang berbeda namun memiliki nama yang sama dengan saat pertama kita browse tadi. Pada kasus saya dia berpindah ke COM port 20, Jika menemukan kembali ada Driver Found, arahkan lagi sama seperti pertama kita lakukan untuk mencari drivernya tadi.
      • Setelah di OK, lalu masukan kembali Load XML def dan Patch def, setelah itu kembali klik download, nanti akan muncul kembali pesan Error dimana dia mencari driver lagi. Cukup arahkan saja kembali lokasi drivernya dan dia akan berubah nama menjadi HS-USB Diagnostics 9006. Setelah Drivernya sudah ketemu, QPST akan langsung memproses Flashing sampai selesai 

      • Jika proses sudah selesai, cabut battery Andromax-I lalu masukan kembali.
      • Nyalakan Andromax-i. Kalau tidak nyala juga, pengalaman saya karena battery nya yang sudah kosong walaupun tidak dipakai. Jadi cukup sambungkan Charger Andromax-I saja.

    • Cara Berikut Untuk yang sudah terbaca HS-USB Diagnostics 9006.
      • Satukan isi file folder eg909.v1\APPS dan eg909.v1\ARM kedalam folder CONF
      • Exsekusi MiFLASH.exe dari tempat kamu meng-install lokasinya.
      • Klik Browse dan arahkan ke Folder TFUpdate CONF andromax yang sudah digabungkan tadi.
      • Klik Bagian Advance dengan cara meng-klik tanda Segitiga kebawah dan samakan dengan gambar dibawah. Klik gambar dibawah jika terlalu kecil.

      • Klik refresh sehingga muncul seperti gambar diatas, diteruskan dengan meng-klik Flash.
      • Tunggu prosesnya sampai selesai, jika sudah lalu cabut baterai dan nyalakan kembali.
      • Jika ada pesan ERROR berwarna merah, pastikan semua file sudah digabungkan ke folder CONF, ingat! file bukan Folder APPS dan ARM yang dimasukan kedalam CONF. Jika masih error juga, ulangi minimal 3x untuk memastikan, setelah itu cabut battery dan copot kabel sambungan ke PC, kemudian colokkan lagi ke PC. Kalau dia nanti malah terbaca HS-USB QDLoader 9008, maka gunakan metode 9008 diatas.
Kedua cara tersebut dibedakan karena QPST kadang muncul ERROR atau BUSY pada port yang digunakan jika Maxi kita terbaca 9006. Sebaliknya Miflash bisa memaksa melakukan Flash tetapi tidak bisa mengatasi Maxi yang tidak terbaca EMMC-nya dalam kasus ini terbaca 9008.

Jika muncul Error "Failed to connect to qpst Server", buka QPST Configuration lalu klik "Add New Port". Setelah muncul jendela baru, jangan di centang "show serial and USB/QC Diag ports only" pilih com port misal 10 lalu OK.

Source:
QPST -  Qualcomm Product Support Tool
MiFLASH - MIUI ROM Flashing Tools.
Alat Perang - Packed QPST 2.7 + MiFlash
Loading comments...
Discover
Misc