GPS, kepanjangan dari Global Positioning System yang berguna untuk menentukan lokasi, kecepatan, arah dan waktu dengan bantuan satelit. Sistem ini di kembangan oleh badan pertahanan Amerika Serikat dengan nama NAVSTAR GPS. Negara lain pun memiliki Sistim GPS nya sendiri. Pada Android GPS yang digunakan pada umumnya adalah NAVSTAR PRN, tapi seiring perkembangan teknologi Android bisa menangkap multi satelit seperti GLONASS oleh Russia, BEIDOU Compass yang merupakan GPS lokal untuk negara China saja, dll. Sepengetahuan saya, jika kita mengecek GPS status di Android akan ada Nomor pada satelit yang sinyalnya kita gunakan. Untuk Nomor 1~32 PRN dari Navstar, 193 milik QZSS Japan, 65~96 untuk Glonass, dan 200+ untuk Beidou.

Telah di akui fungsi dari GPS sangat memudahkan kita ketika berpergian, namun bagaimana jika Android kita tidak ada Fitur Internal GPS Receiver atau GPS pada android kita rusak?. Cara mengatasinya adalah dengan membeli External GPS yang di Sharing lewat Bluetoth yang tentu akan mengeluarkan biaya tambahan. Namun ternyata Android yang memiliki Internal GPS bisa dijadikan sebagai External GPS yang mana cara ini jauh lebih mudah.

Pada kasus ini, saya menggunakan Tablet Mito T550 yang tidak ada Fitur penerima GPS Satelit, dan Oppo R821 sebagai External GPS yang dilengkapi dengan AGPS.

Mito T550 Tidak ada Pilihan Satelit

Pada kedua jenis Android, Lakukan Bluetoth Pairing, dengan cara masuk ke bagian bluetoth, sentuh pada nama Bluetoth Device agar terlihat oleh semua perangkat, scan bluetoth lalu sentuh pada device yang dimaksud untuk mulai melakukan sandingan.

Tampilan Pairing Oppo R821 dan Mito T550

Pada Oppo R821, Download dan install Aplikasi ExtGPS oleh Symarctic Solutions dari Playstore, aplikasi ini yg nantinya akan digunakan untuk merubah device Android menjadi External GPS. Buka dan tekan start.


ExtGPS di Oppo R821

Pada Mito T550, Aktifkan Developer Mode dan centang pada Allow Mock Location. Pasang dan jalankan aplikasi Bluetooth GPS dari GG MobLab di Playstore. Di tampilan Bluetoth GPS akan ada nama Device yg tadi di Pair lewat Bluetoth. Centang Allow Mock Location dan sentuh pada kata Connect. Jika sudah terkoneksi maka akan muncul berbagai informasi pada aplikasi Bluetoth GPS, dan status Client terkoneksi pada aplikasi ExtGPS, dan Mito T550 pun siap ber-GPS.

Enable Allow Mock Locations di Mito T550

Tampilan Bluetoth GPS dan ExtGPS yang terkoneksi

Tampilan Mito T550 ketika menggunakan Sygic

Source:
Loading comments...
Random Post
Misc