Pada suatu waktu, listrik padam dan kamu bergegas mengambil Lilin dan ingin menyalakannya, pada saat itu kamu membutuhkan Api agar Lilin bisa menyala dan keadaan sekitar menjadi terang. Namun sadarkah kamu kenapa harus Api yg bisa membakar Lilin? padahal ada benda lain yang bisa menghasil kan panas!.

Jika kamu memperhatikan, di dalam bagian Dashboard Mobil ada yg disebut Lighter atau kita kenal dengan Pemantik. Dia bisa menyalakan Rokok, ataupun Lilin. Tetapi di dalam rumah banyak juga perabotan yg bisa mengkasilkan panas. Seperti Kompor Listrik, Solder, Microwave, Setrika, dll, tetapi tidak bisa menyalakan Lilin. Bahkan jika kamu menanuh Lilin diatas penggorengan yang dipanaskan diatas kompor pun Lilin tersebut tidak akan menyala.

Pertanyaan pun muncul, Kenapa ada benda yg bisa menghasilkan panas tidak bisa membakar sementara benda yang lain bisa membakar?

Api yang kita lihat pada dasarnya adalah efek dari pelepasan energi yang menghasilkan Panas dan Cahaya. Jadi, ntuk membakar suatu benda (combustion), dibutuhkan panas yang cukup hingga ia dapat terbakar (ignition temperature). Sebagai perbandingan, lilin mempunyai panas minimum 800 derajat Celcius dan pemantik rokok dalam mobil juga mempunyai temperatur pada kisaran 800 - 1.200° Celsius

Source:
Wiki about Fire
Loading comments...
Random Post
Misc