Partisi DATA atau disebut juga dengan userdata pada android adalah tempat penyimpanan untuk pengguna. Meliputi Applikasi yang terpasang (.APK, Lib, Dalvlik Cache), Data Applikasi seperti setelan, sms, kontak dll.

APP2SD adalah aplikasi yang mirip dengan Link2SD yang mana ia berfungsi untuk membuat link partisi DATA. Applikasi ini hadir karena ada device android yang memiliki kapasitas ruang partisi userdata teramat kecil. Ini menyebabkan pengguna tidak bisa menginstall banyak applikasi karena kecilnya ruang yang tersedia. Dengan APP2SD, kita bisa membuat ruang tambahan dengan SDCARD (mmcblk1px) atau USB SDCARD (sda2) yang tentunya sudah di dibagi partisinya dan sebagian di format menjadi ext2/ext3/ext4 dan di setel sebagai Primary partition.

Android memiliki ukuran partisi yang berbeda, misalnya ada yg memiliki kapasitas ruang /SYSTEM partisi yang besar atau partisi /CACHE yang besar. /CACHE adalah partisi tempat penyimpapan sementara yang digunakan oleh sistem, seperti data ota upgrade, hasil playstore download dll. Sangat amat disayangkan jika ruang kosong yang tersedia itu tidak terpakai sepenuhnya. Disini kita akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan ruang yang kosong tersebut untuk dijadikan SDEXT2 atau sebagai partisi DATA tambahan dengan menggunakan Applikasi APP2SD.

Sebagai Contoh, yang digunakan dalam praktek ini adalah Android BOX MTK MT8127/MT8685 KitKat 4.4 IPTV STB INDIHOME ZXV10 B760H Firmware Versi 2016 yang memiliki kapasitas CACHE sebesar 1024MB / 1GB yang akan dijadikan sebagai SDEXT2 atau kapasitas ruang partisi DATA tambahan.

Alat yang dibutuhkan:
- Applikasi APPS2SD v14.1
- SP FLASHTOOL
- MTK VCOM Driver
- Scatter File untuk B760H
- USB Male 2 Male
- AIO Unpack Utility

#Tahap 1 [Konfigurasi APP2SD]
Pastikan Android sudah di ROOT.
Install Applikasi APP2SD dan jalankan.
Didalam APPS2SD pilih "Link apps to SD card"
Tekan icon bergaris 3 di bagian pojok atas kiri
Pilih ReCreate Mount Script
*Isi pada bagian paling atas dengan "/dev/block/mmcblk0p6" tanpa tanda kutip
Centang pada Ext4
Centang pilihan "I've su.d support ..."
Tekan OK
Restart Device, jika ada pesan SDEXT2 Not Mounted dan ada pilihan continue, pilih ok
Jika masih tidak mau di mount, kembali recreate mount script tapi dengan metode berbeda, misal "Use Normal Method"
Sampai sini Applikasi sudah bisa di link / dipindah ke partisi CACHE, tapi setelah restart applikasi akan hilang, bukan sepenuhnya hilang. Ini karena Partisi /CACHE memiliki permission 0770 (rwxrwx--) dimana hanya bisa di eksekusi oleh owner dan grup yang ditentukan, jadi aplikasi APP2SD masih belum bisa menggunakan partisi tersebut. Kecuali kita mengubah permission pada /CACHE menjadi 0771 dimana membuat other bisa mengeksekusinya.

#Tahap 2 [Readback, Unpack Repack Boot.img]
Bisa saja kita mengubah permission pada /cache ke 0771 (rwxrwx-x) lalu remount 2nd partition di menu kiri atas bagian Link apps to SD card setiap habis reboot agar applikasi yang telah di link muncul kembali. Namun cara itu tidak praktis, kita merlu berubah permanen persmission /cache tersebut agar sehabis restart tidak mesti membetuklan permission lagi. Kebetulan, perintah change permission (CHMOD) ada di dalam file init.rc yang terdapat di Boot.img, jadi kita harus memodifikasi boot.img.

Untuk Proses Readback / Unpack / Repack Boot.img lihat postingan ROOT ZTE ZXV10 B760H Tanpa Bongkar STB / USBTTL
Setelah Boot.img di Readback / Backup, Lakukan Unpack Boot.img
Masuk ke folder ramdisk lalu buka file init.rc dengan notepad atau notepad++
cari dan temukan kata
   # We chown/chmod /cache again so because mount is run as root + defaults  
   chown system cache /cache  
   chmod 0770 /cache  

Lalu ganti ke
   # We chown/chmod /cache again so because mount is run as root + defaults  
   chown system cache /cache  
   chmod 0771 /cache  

Tampilannya akan nampak seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah, lalu save atau simpan, dan lakukan repack boot.img lalu flash ke device seperti yang dilakukan di postingan ROOT ZTE ZXV10 B760H Tanpa Bongkar STB / USBTTL
Setelah device di nyalakan maka APP2SD akan berjalan sempurna.

* mmcblk0p6 adalah partisi /CACHE pada B760H yang bisa dilihat dengan command shell "cat /proc/dumchar_info" atau dengan bantuan applikasi DiskInfo by Kuder dan aplikasi sejenisnya. /CACHE di B760H ini memiliki format ext4, APP2SD hanya support ext2/3/4 f2fs partition.
* Bagi yang kesulitan mengunpack Boot.img, disertakan file Boot.img yang telah termodifikasi di postingan Kumpulan Mod BOOT.IMG, ZTECFG B760H

* Manual Penggunaan APP2SD di android lihat postingan Manual Penggunaan APP2SD & xInternalSD

Download:
- Applikasi APPS2SD v14.1 -Playstore-
- MTK VCOM Driver -Download-
- SP Flashtool v5 -Download-
- Scatter File untuk B760H -Download-
- Notepad ++ -Download-
- AIO Unpack Utility -Download-
Loading comments...
Random Post
Misc