Splash Screen atau Logo adalah gambar yang akan ditampilkan saat awal system baru dinyalakan, tahapannya ialah Logo > bootanimation > boot system. Bagi sebagian orang menganggap tampilan Brand Logo itu biasa saja, sebagian yang lain mengganggap mengganggu walaupun hanya tampil saat system baru dinyalakan saja.

#Bagian 1 kita akan mengulas cara untuk mengganti Logo USeeTV dengan USB Male to Male khususnya pada ZTE ZXV B760H yang berbasis MTK dengan peralatan:
- STB ZXV10 B760H
- Windows PC
- Kabel USB Male to Male USB, beli di toko komputer mulai harga 10k
- MTK VCOM Driver -Download-
- SP Flashtool v5 -Download-
- Scatter File untuk B760H -Download-
- Beyond Compare -Download-
- Logo Builder v1.6 -Download-
- Alat pengedit gambar seperti mspaint atau photoshop, dll.

Pertama, Readback atau backup partisi Logo
*Silakan lihat postingan ROOT ZTE ZXV10 B760H Tanpa Bongkar STB / USBTTL untuk melihat instruksi komplit readback partisi
Extract dan Install MTK VCOM Driver di Windows
Extract SPFlashtool dan jalankan flash_tool.exe dan pilih tab readback
Di Flashtool bagian readback klik Add maka akan muncul baris baru di kolom bawah.
Klik 2x pada baris yang baru muncul [misal ROM_0] beri nama file "LOGO_ORI.BIN
Isikan nilai 0x4800000 pada kolom "Start Address"
Isi nilai 0x300000 pada kolom "Lenght" dan pastikan angka-angka tersebut sudah benar.
Klik pada gambar Readback berwarna hijau
Matikan STB dari switch power di belakang STB
Sambungkan kabel USB Male to Male dari PC Ke STB Port tulisan USB1
Proses readback akan berjalan otomatis dan akan ada File baru bernama LOGO_ORI.BIN di tempat tadi kita memilih tempat untuk menyimpannya.
*tahapan ini bisa dibilang opsional, karena tidak ada data - data Unik STB yg tertanam disini kecuali cuma gambar saja. Jadi asalkan punya file Logo.bin entah itu dari firmware milik orang lain asalkan tipe nya sejenis [B760H] bisa langsung kita gunakan.

Kedua, Unpack Logo.bin / Logo.img
Install Beyond Compare, lalu Ekstrak dan jalankan LogoBuilder.exe
Logo.bin B760H ini agak unik, karena dia punya header tambahan di dalamnya, jadi jika kita langsung memulai Create new project dalam logo builder dan langsung mengarahkannya ke file LOGO_ORI.BIN yang kita readback tadi maka akan muncul error "Cant Create Project. Error in data lenght (2nd case)"
Maka itu kita memerlukan beyond compare untuk sedikit melakukan perubahan pada file LOGO_ORI.BIN agar bisa terbaca di program Logo Builder.

Masuk ke tempat kita menyimpan file LOGO_ORI.BIN dan klik kanan pada file tersebut lalu pilih "Select Left File for Compare"
Kembali klik kanan pada file tersebut, tapi kali ini pilik "Compare to LOGO_ORI.BIN"
Akan muncul pop up Binary Same, pilih Open View.
Pada bagian kiri beyond compare, block mulai dari depan huruf "U" pada kata Ufw sampai depan karakter "^" pada tulisan "^.^" dengan cara menekan dan menahan mouse lalu melepaskannya. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah dan pastikan hanya bagian tersebut yang ter block yang ditandai dengan warna kebiruan.

Jika sudah terlihat seperti gambar diatas, lalu pencet tombol Delete di keyboard, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Pastikan kembali kita tidak salah menghapus baris pada file tersebut yang dimana setelah kita hapus maka baris pertama akan menjadi ^.^
Simpan dengan cara memilih menu File lalu Save File As dan kali ini beri nama LOGO.BIN

Sekarang masuk ke folder dimana terletak Logobuilder.exe berada.
Cari File sizes.txt lalu hapus atau delete. Ini penting agar nanti sofware menyuruh kita menemukan ukuran gambar yang tepat, mengingat LogoBuilder ini hanya support gambar Potrait, sedangkat logo kita adalah Lanscape. Jika tidak menghapus file sizes.txt maka akan ada hasil gambar yang tidak sesuai dengan ukuran semisal 1080x1920 dan membuat gambar menjadi garis-garis tidak karuan. Ini cuma dilakukan sekali saja sebelum mengunpack Logo, untuk Project ke 2 dst, tidak perlu lagi mendeletenya, karena software sudah meng-generate otomatis file sizes.txt yang support untuk gambar landscape.

Setelah mendelete file sizes.txt lalu jalankan LogoBuilder.exe
Pada LogoBuilder pilih tombol Create New Project dan arahkan dimana file LOGO.BIN yang udah kita edit tadi.

Setelah menekan tombol Open maka akan muncul popup untuk menentukan dimana lokasi folder untuk hasil Unpack file tersebut.
Misal tempatnya ada di /Desktop/logo. Lalu Logo builder akan memunculkan gambar seperti dibawah ini.

Klik pada bagian slider di logo builder, lalu tekan tombol atas atau bawah di keyboard sampai menemukan resolusi yang tepat pada masing - masing gambar dan tekan OK.

Sebagai acuan logo B760H ini cuma punya 4 gambar, gambar pertama resolusi 720x480 (16 bit), gambar kedua 720x576 (16 bit), gambar ketiga 1280x720 (16 bit) dan gambar ke empat 1920x1080 (16bit).

Jika sudah, maka dalam logo builder akan terlihat seperti gambar dibawah, dimana ada tombol bergambar folder disitu untuk membuka lokasi kita mengunpack gambar dari file logo.bin dan di dalam folder tersebut berisi file .project, header, dan 4 file gambar (img1.png, img2.png, img3.png, img4.png)


Jika ingin mengedit Project yang sudah ada, di Logo builder tinggal pilih tombol "Open Existing Project" Dibawah postingan ini disertakan link download file beragam project logo.bin yang sudah siap di flash ke stb B760H.

Ketiga, memodifikasi gambar hasil unpack logo builder
Untuk memodifikasi gambar, bisa dengan menggunakan software / applikasi pengedit gambar apapun, dengan syarat nama file dan resolusi tidak boleh beda.
Misal kita punya gambar file type jpg dengan resolusi 1024x768pixel, maka untuk bisa digunakan harus di konversi dulu ukurannya ke masing masing ukuran resolusi: img1 720x480px, img2 720x576px, img3 1280x720px dan img4 1920x1080px. Dan nama file.jpg ganti ke nama img1.png, img2.png, img3.png, img4.png

Ke empat, Repack Gambar menjadi LOGO.BIN & Fix Header
Jika sudah selesai melakukan perubahan pada gambar, kembali lagi ke pogram Logo Builder
Di dalam Logo Builder tekan tombol Make.

Setelah selesai maka di dalam folder tempat tadi kita mengunpack gambar tersebut akan muncul 2 file baru yaitu logo.bin dan file update.zip, kita hanya butuh file logo.bin nya saja.

Sekarang klik kanan pada file logo.bin tersebut lalu pilih "Select Left file for Compare"
Cari dimana lokasi file LOGO_ORI.BIN lalu klik kanan dan pilih "Compare to logo.bin" dan tunggu sampai ada tulisan Binary Different di pojok kiri bawah.

Di dalam beyond compare akan terlihat file logo.bin di sebelah kiri ada bagian kosong diatasnya, Di beyond compare bagian kanan, block dari depan huruf "U" pada kata "Ufw" sampai tanda "^" pada tulisan "^.^" seperti yang tadi kita lakukan diatas.

Klik kanan pada bagian yang berwana biru lalu pilih "Copy to Left" dan tunggu sebentar sampai gambar disket di sebelah kiri berwarna kuning.

Pilih menu File > save atau dengan menekan tombol disket yang berwarna kuning. Kalau kita tidak melakukan perubahan header atau bagian atas pada logo.bin yang baru tersebut, maka ketika di flash tidak akan muncul gambar sama sekali dan hanya akan muncul layar berwarna hitam.

Terakhir, Flash Modif LOGO.Bin
Kembali ke Flashtool kali ini klik bagian tab "Download"
Tekan tombol Scatter-loading dan arahkan ke file ZXV10_B760H_Indihome_scatter.txt dan klik "Open".
Klik Bagian kosong LOGO di kolom tabel sebelah kanan dan arahkan ke file logo.bin yang kita ubah tadi
Pastikan STB dalam keadaan mati [kontak On Off dibelakang stb] dan tidak terpasang kabel USB Male to Male dari PC ke stb.
Tekan tombol Download berwarna hijau di Flashtool
Sambungkan kabel USB Male to Male dari PC ke STB port dengan tulisan "USB1"
Nyalakan STB dari Switchnya dan proses Flashing akan otomatis dimulai.
Tunggu sampai muncul pop up download telah berhasil, dan cabut kabel USB dan matikan kembali STB, dan mulai nyakalan kembali STB
Dan ketika dinyalakan akan terlihat gambar yang kita masukan tadi tampil di layar.

#Bagian 2 Mengganti bootanimation
bootanimation adalah gambar - gambar yang muncul setelah logo ditampilkan. file ini terletak di dalam folder /system/media di android.
Karena letaknya didalam /system maka kondisi android / stb harus dalam keadaan sudah di root. Dibawah postingan ini disertakan file bootanimation yang berisi banyak gambar yang akan keihatan bergerak sebagai referensi. Karena bootanimation STB B760H ini cuma punya 1 gambar jadi dia tidak kelihatan bergerak gerak.

Ambil bootanimation didalam folder dengan app root explorer /system/media dan kopikan ke usb / sdcard lalu pindahkan ke pc.
Extract file bootanimation.zip lalu akan terlihat ada file gambar di folder part0
Ubah gambar didalam folder tersebut sesuai selera.
Setelah selesai mengubah gambar, kembali ke folder tadi bootanimation di extract
tekan CTRL+A di keyboard atau block semua file dan klik kanan pada file yang telah terblock
Pilih add to Archive jika menggunakan winrar.
Di winrar pilih mode ZIP
Di winrar Lihat bagian Compression Level, ganti ke mode "Store" lalu tekan OK
Pindahkan bootanimation yang telah di edit tadi ke SDCARD/USB
Masukan kembali file bootanimation yang sudah di edit tadi kembali ke /system/media
Setelah selesai di kopi ke /system/media, lalu ubah permission pada file tersebut dengan cara menekan file dan pilih permission dari menu di root explorer menjadi "rw-r--r--"
Restart kembali STB.

Source:
-Bootanimation explained 
-Loading Gear bootanimation download
-LogoBuilder Project File download
Loading comments...
Random Post
Misc