Saat cuaca sedang panas, kamu buru-buru mencari kipas angin atau mengibas - ngibaskan sesuatu agar muncul hembusan angin. Secara tidak sadar, tenyata kamu butuh alat untuk mendapat angin.

Mengapa ada ombak Ombak di laut?. Ombak terjadi karena tiupan angin. Waktu bergerak pada permukaan air, bagian atas permukaan air laut didorong oleh angin dan bagian bawahnya tertahan sedikit, sehinga gerakkannya lebih perlahan daripada bagian atasnya. Ini menyebabkan terjadinya ombak yang bergulung-gulung. Waktu ombak kecil mulai terbentuk, angin kembali menerpanya dan jadilah ombak yang makin besar. 
Maka itu, jangan heran kenapa kalau kita sedang di pantai itu anginya banyak sekali, dan jika kamu mau menerbangkan layang - layang di pantai tidak perlu minta bantuang orang lain, cukup kamu lemparkan saja layang - layang tersebut dan ia akan terbang dengan sendirinya.

Jika kamu dirumah membutuhkan alat untuk menciptakan angin, seperti kipas angin listrik, coba bayangkan seserapa besar kipas angin yang ada di pantai sehingga sampai dapat membuat ombak?

Rasanya mustahil membuat tiupan angin dengan tanpa bantuan alat. Dan jika benar itu mustahil, maka siapa yang meniupkan angin tersebut?
Jawabannya adalah Matahari!, iya matahari bertanggungjawab atas adanya angin dengan panas yang dihasilkannya, maka terbentuklah hembusan angin. Kok bisa?  Bukannya angin terjadi karena adanya perputaran bumi pada porosnya?
Matahari menyinari sebagian bumi menjadi panas, dan bagian lain yang tidak terkena matahari  menjadi dingin. Udara hangat, yang beratnya lebih ringan dari udara dingin dan memiliki tekanan udara lebih tinggi, naik ke atas. Kemudian udara dingin masuk dan menggantikan udara yang hangat. Pergerakan udara inilah yang membuat angin bertiup.

ya coba kita praktekan dengan cara memasak air atau perhatikan ketika ada orang sedang memasak. Saat itu akan terasa ada hembusan angin panas ke arah kita jika kita berada di dekatnya, atau jika kita memasak air dengan teko model peluit, maka teko tersebut akan berbunyi ketika air mendidih.

Lalu bisakah kita mendapatkan hembusan angin tanpa bantuan alat di rumah? bisa saja, asalkan ada tempat yang cukup untuk pertukaran udara panas dan dingin. Jika ada ruangan yang panas dan tidak ada hembusan angin, ini berarti tidak ada cukup ruang untuk sirkulasi udara. Atas alasan inilah kenapa kita membuka jendela pada siang hari agar suasana ruangan menjadi sejuk.

Angin laut

Pada hari di musim panas yang hangat di sepanjang pantai, pemanasan tanah dan lautan yang berbeda ini mengarah pada pergerakan lokal yang disebut angin laut. Karena udara di atas permukaan tanah dipanaskan oleh radiasi dari Matahari, ia bergerak dan mulai naik, menjadi lebih ringan daripada udara di sekitarnya. Untuk menggantikan udara yang naik, udara yang lebih dingin jatuh dari atas permukaan laut. Ini adalah angin laut, dan dapat menghasilkan sensasi dingin yang menyenangkan di siang hari musim panas yang terik.

Angin Darat

Angin darat terjadi pada malam hari ketika tanah mendingin lebih cepat daripada lautan. Dalam hal ini, udara di atas permukaan air yang masih hangat naik ke atas, menggantikan udara dari permukaan tanah yang lebih dingin.

Source:
National Ocean Service | NOAA Why does the ocean have waves?
weatherwizkids - Wind
Loading comments...
Discover
Misc