Suatu ketika kita membongkar gudang di rumah dan menemukan game console lawas, dan kemudian kita ingin memainkan game dengan perangkat tersebut, namun kelihatannya tidak akan berjalan lancar, pasti ada saja masalah. Dari mulai joystick yang usang, game cartrige atau juga kepingan cd yang sudah uzur yang menyebabkan hampir tidak bisa memainkan game tersebut.

Dalam hal lain, kita ingin mengenang kembali kenangan kita saat memainkan game tersebut di masa muda. Beberapa game lawas muncul dengan rilis ulang resmi untuk sistem platform yang baru sebagai solusi masalah tersebut, tetapi itu tidak cukup, malahan kita mesti terjun ke dunia gelap ROM ( Read Only Memory ) dan Emulator untuk merasakan keseruan di masa lalu. Namun nampaknya Nintendo lebih suka kamu tidak melakukan kegiatan dengan emulator itu, misalnya dengan mengambil tindakan hukum dengan telah mengajukan gugatan pelanggaran hak cipta dan merek dagang, dan baru baru ini di targetkan terhadap dua situs ROM paling populer.

Situs yang ditargetkan oleh gugatan Nintendo adalah LoveROMS.com dan LoveRETRO.co, keduanya dimiliki Jacob Mathias melalui perusahaannya Mathias Designs LLC. Halaman situs ini memberikan tautan ( link ) ke emulator dan mengunduh langsung file ROM ( game ). Emulator yang dapat menjalankan game dari sistem seperti NES atau Sega Genesis adalah (biasanya) tidak ilegal, tetapi ada kasus dimana kita perlu memuat file BIOS ( basic input / output system ) yang mengandung kode hak cipta. Gugatan Nintendo mencakup file BIOS dan ROM game sebagai materi yang melanggar di situs tersebut.

Nintendo mengajukan Gugatan pada tanggal 19 Juli 2018 di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Arizona, mengatakan bahwa Mathias telah dengan sengaja melanggar hak kekayaan intelektual Nintendo, Menyatakan situs tersebut sebagai "bisnis pembajakan online," dan meminta hingga 100 juta dollar sebagai ganti rugi di pengadilan. Angka itu berasal dari 140 ROMS ( masing-masing 150.000 ribu dollar ) dan 40 pelanggaran merek dagang ( masing-masing 2 juta dollar). Tuntutan uang ini bukan tujuan utama dari nintendo, tetapi legal hukum penilaian tersebut dimaksudkan sebagai potensi dasar untuk menuntut orang lain yang memiliki konten illegal yang disebutkan nintendo.
LoveROMs memiliki tema Super Mario Bros dan konten Nintendo di semua tempat. Sekarang  ( sebelum ditutup ) , tema telah beralih ke warna biru dan abu-abu yang biasa saja. Pada tanggal 22 July Semua Nintendo ROM, emulator, dan file BIOS telah lenyap dari situs itu. Dan pada tanggal 23 July LoveRETRO, LoveRoms, dan ROM Mathias lainnya, telah ditutup sepenuhnya.

Bukankah game lawas itu legal atau conten sudah expired (kedaluarsa)? Nintendo mengatakan bahwa Undang-undang hak cipta di AS menyatakan bahwa hak cipta yang dimiliki oleh perusahaan berlaku selama 75 tahun sejak tanggal pertama di publikasi. Karena video game baru ada selama kurang dari tiga dasawarsa, maka hak cipta semua video game tidak akan kedaluwarsa selama beberapa dasawarsa mendatang.

Lalu bangaimana dengan situs lain seperti Emuparadise, CoolRoom misalnya? Kemungkinan situs yang tersisa juga akan menjadi offline dan ini akan mengakibatkan hilangnya peredaran rom dari lapisan atas website. Hosting konten yang jelas ilegal yang mana telah memiliki kekuatan hukum, pihak tersebut tidak akan memiliki pertahanan terhadap gugatan.

Dengan adanya kasus ini, kita sebagai penggemar emulator dan ROM, maka harus mendapatkan ROM dari sumber yang lain, dan tentu saja menyimpan copy ROM yang telah kita miliki tersebut dan menempatkannya dengan aman.

Source:
Nintendo - Corporate Information | Legal Information (Copyrights, Emulators, ROMs, etc.)
- Nintendo Sues Console ROM Sites For 'Mass' Copyright Infringement
- Nintendo files lawsuit against emulator sites
- Case Court PDF
Loading comments...
Discover
Misc