Sistem listrik prabayar dengan Token 20 digit bekerja dalam suatu protokol komunikasi Sistem yang disebut dengan STS ( Standard Transfer Spesification ) yang merupakan pengembangan dari standar internasional IEC 62055-41 Payment Metering System.

Alat kWh meter yang kita miliki dirumah tidak memiliki sim card, tidak terhubung ke jaringan, lalu bagaimana ia bisa tahu kalau kode yang kita masukan adalah benar?

Meter listrik Prabayar ( perangkat keras ) membutuhkan perangkat lunak ( software ) yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan token yang dapat diuraikan oleh meter dan dikonversi ke KWh. Software ini bekerja dalam satu standard, jadi jika ada meteran yang berbeda merek nya maka kode tersebut juga dapat di gunakan dalam artian, ketika kita membeli token listrik, PLN tidak perlu ribet mengurusi perbedaan alat meteran yang berbeda merk, karena kode yang kita beli tidak terpaku hanya kepada salah satu merk alat meteran listrik, mengingat alat meteran listrik tiap rumah bisa berbeda beda merk, dikarenakan ada standart yang sama pada tiap - tiap alat.

Kode token yang kita beli membawa informasi yang telah di enkripsi, dimana kode tersebut didapat dari penjual yang mengirimkan nomor meter yang kita gunakan dan nominal yang kita beli ke server PLN dan di olah, kemudian server mengirimkan token tersebut. Informasi yang dibawa termasuk, Nomor serial meter, harga index tarif, nilai kwh yang dibeli dan nomor suplly group code dimana berfungsi sebagai informasi enkripsi data yang akan di urai oleh meteran listrik.

Ketika kita memasukan 20 digit kode token yang kita beli, yang mana kode tersebut telah di enkripsi guna mencegah adanya kode yang tidak valid dihasilkan. Kode ini kemudian uraikan oleh perangkat lunak di dalam meteran listrik prabayar kita menjadi token. Token ini dipahami oleh meter prabayar sebagai jumlah unit listrik (KWH).

Jika kita lupa mengisi pulsa listrik, atau membiarkannya sampai nol, maka listrik akan terputus otomatis. ini dikarenakan alat meteran yang kita gunakan memiliki relay ( switch otomatis ) yang akan memutuskan aliran listrik ketika nilai token mencapai nol.

Sumber:
How Prepaid Electricity Meters Work ?
SPLN-D3-009-1-2010.PDF
Loading comments...
Discover
Misc