Waktu yang terbatas, terkadang membuat seseorang makin kreatif. Misal saja ketika kita sedang mengetik otomatis jendela pc hanya akan terfokus ke aplikasi tersebut saja, sementara itu kita lagi tanggung menonton siaran langsung di Youtube. Ini mengakibatkan kita harus bolak balik mengganti tampilan antar aplikasi, mengecilkan separuh layar masing - masing aplikasi serasa tidak cukup efektif.

Untuk mengatasi contoh kasus diatas, kita butuh software yang bisa membuat video player tetap berada diatas aplikasi lain, jadi aplikasi tersebut masih tetap terlihat selama kita mengetik. Di windows ada aplikasi yang berfungsi untuk menduplikasi tampilan jendela suatu aplikasi dan membuatnya float atau melayang yang bisa di pinned sehingga aplikasi yang dituju bisa tetap ada di bagian paling depan dari aplikasi aktif yang lain, yang bernama OnTopReplica.


OnTopReplica adalah Aplikasi ringan yang menyediakan salinan thumbnail atau mini secara realtime dari jendela aplikasi yang kita pilih. OnTopReplica akan selalu berada di layar paling depan, Kita juga bisa memotong daerah yang kita inginkan dari jendela aplikasi aslinya, misalnya kita hanya memotong tampilan elemen video saya dari sebuah browser yang sedang memutar video di youtube. Hai ini memungkinkan kita untuk menonton film atau video youtube di sudut monitor kita di saat sedang bekerja.

OnTopReplica dibuat dengan bahasa pemograman C#, bekerja seperti DWM (desktop window management) thumbnail yaitu layar kecil yang muncul ketika kita megarahkan mouse ke aplikasi yang sedang berjalan di taskbar windows yang menggunakan thema aero di windows 7 keatas. Software ini juga membutuhkan .NET framework 4.0 keatas.

Cara menggunakan OnTopReplica sangat mudah. Pertama, buka software OnTopReplica setelah di install. Klik kanan pada area OnTopReplica dan pilih aplikasi yang akan dibuat thumbnailnya, kita bisa memilih whole yang berarti seluruh tampilan akan di clone tampilannya.

Misalkan kita hanya ingin menampilkan bagian tertentu saja dari jendela aplikasi tersebut, kita hanya perlu melakukan klik kanan lagi pada area OnTopReplica tapi kali ini pilih "Select Region" dan kita akan disuguhkan dengan tampilan pilihan area yang perlu kita lakukan hanyalah menekan dan menahan mouse kemudian menariknya sampai area yang kita maksud kemudian melepaskannya pada area tersebut.

Jendela thumbnail di OnTopReplica juga bisa di ubah ukurannya atau di resize dengan cara menarik bagian baris pinggirnya. Kelebihan lain dari aplikasi ini ialah pengaturan opacity yang mana ini bisa membuat efek transparansi dari thumbnail yang kita buat dengan OnTopReplica.

Aplikasi ini gratis di download dengan ukuran kurang dari 1Mb.
Project nya bisa di temukan di Github OnTopReplica Github Page
Untuk mendownload silakan kunjungi tautan OnTopReplica Download Page

Loading comments...
Discover
Misc