Keren kan kalau kita lihat bagian depan ponsel atau juga lockscreen ada jadwal bola untuk setiap pertandingan selama semusim lengkap, tanpa perlu browsing mencari jadwal kapan tim kesayangan kita akan bermain. Kita cuma perlu memanfaatkan aplikasi kalendar yang jarang kamu sentuh di ponsel.

Dalam hal ini kita akan memanfaatkan aplikasi calendar bawaan yang pasti ada di ponsel android yang akan kita integrasikan dengan layanan Google Calendar. Sekedar informasi, Google Calendar ini ada sejak tahun 2006 yang untuk menggunakannya membutuhkan sebuah akun Google. Layanan ini berfungsi selayaknya kalendar online, dimana kita bisa menambahkan suatu agenda seperti kita mencoret - coret kalender di rumah. Google Calendar juga ada applikasi versi androidnya yang dapat kita temui di Play Store.

Google Calendar biasanya otomatis Aktif ketika kita menambahkan akun Google di ponsel Android kita, ini bisa diketahui ketika kita melihat bagian sync di setelan akun Google dalam ponsel, pada bagian Sync Calendar statusnya tercentang, jika ternyata tidak aktif maka kita harus menyentuh tombolnya untuk mengaktifkannya, dan jika ternyata tidak ada pilihan sync mungkin itu karena belum mengaktifkan mode sync untuk akun google tersebut atau juga kita belum pernah sama sekali menggunakan layanan Google Calendar itu sendiri alias beluf terdaftar di layanan atau juga kita tidak pernah memasang aplikasi Google Calendar di ponsel.

Untuk mengaktifkan layanan Google Calendar, kita perlu membuka halaman situs Google Calendar di https://www.google.com/calendar dan login menggunakan Akun Google milik kita atau bisa juga dengan mengunduh appnya di Play Store. Secara default, di aplikasi kalendar sudah ada calendar Holiday Indonesia atau Hari Libur Indonesia yang terpasang yang berisi agenda hari libur nasional di Indonesia. Sampai sini jika kita melihat kembali di ponsel pada bagian Sync yang ada di dalam setelan Akun maka akan ada pilihan baru untuk sync calendar. Setelah sync selesai jika kita membuka aplikasi Google Calendar maka disana akan terlihat ada jadwal hari libur indonesia yang tertanam disana.

Di aplikasi calendar, kita bisa menambahkan sendiri agenda yang kita mau. Namun dengan bantuan Google Calendar kita bisa saling berbagi Agenda di calendar untuk orang lain. Fitur ini juga di manfaatkan oleh penyedia layanan calendar pihak ke tiga untuk membagikan agenda kalender untuk di bagikan kepada setiap pengguna. Dari mulai agenda kantor yang dibagikan kepada para pegawainya, jadwal pertandingan olahraga, bahkan sampai acara TV.

Berikut ini adalah cara untuk menambahkan agenda kalender dari pihak ke tiga:
Buka halaman web Google Calendar di https://www.google.com/calendar dan login. Lalu klik tanda + disebelah tulisan "Add Friend Calendar" yang ada di bagian kiri layar. Disana akan ada dropdown box dengan pilihan "New calendar, Browse calendars of interest, From URL, Import & export." Format file yang bisa di gunakan untuk google calendar adalah file ical dan ics.
Untuk menambahkan jadwal sepakbola, penyedia layanan Calendar seperti fixtur.es memberikan jadwal setiap pertandingan olahraga yang akan otomatis di import ke Google Calendar kita maupun untuk perangkat offline yang mendukung file ics/ical untuk di import. Jadwal tersebut merupakan agenda jadwal untuk semusim penuh. Caranya cukup buka link berikut dan pilih Google Calendar:
Jika kita hanya mau mengikuti jadwal cuma untuk tim favorit kita, kita hanya perlu memilih tim favorit kita di fixture.es untuk mendapatkan jadwal tim kesayangan kita. Jadwal yang tadi kita masukan tersebut akan tersingkronasi otomatis, ini artinya jadwal yang ada di fixture.es yang kita masukan kedalam Google Calendar kita di maintain secara berkala oleh mereka dan setiap pertandingan berakhir mereka akan mengupdate hasil pertandingan seperti skor akhir di kalendarnya yang nantinya akan di kirimkan ke kalender kita, dengan begitu kita tidak perlu takut ketinggalan berita setelah tim kesayangan kita selesai bertanding.

Setelah kita memasukan jadwal tersebut, maka ketika kita membuka aplikasi kalender bawaan android dan membuka bagian kalender yang akan di tampilkan akan terlihat ada bagian tambahan yang tidak lain adalah jadwal yang tadi kita masukan di google calendar. Agar bisa tampil di kalender bawaan android maka kita harus meng klik atau mencentang nya dan bila perlu melakukan sync ulang, Setelah itu coba buat sebuah widget calendar dan pasang di homescreen ponsel kita, maka akan terlihat berbagai macam agenda di layar kita.

Seandainya kita tidak suka dengan tampilan widget bawaan calendar ponsel atau calendar tidak mempunyai widget sama sekali, di playstore banyak terdapat aplikasi yang keren untuk menampilkan agenda kita. seperti  Aplikasi Google Calendar milik Google, Your Calendar Widget, Simple Calendar Widget, dan lain lain.

Jika kita menginstall Aplikasi Google calendar di Ponsel, maka bagian Sync calendar akan hilang dari dalam setelan sync akun, setelan ini pindah ke bagian Settings atau Setelan di aplikasi Google Calendar tersebut. Disitu kita akan menemukan pengaturan kalender yang akan ditampilkan. Kalender yang baru kita tambahkan masih tersembunyi, untuk menampilkannya kita diharuskan untuk mengklik di tulisan "Tampilkan yang lainnya" atau "Show More" kemudian pilih salah satu kalendar yang kita ingin tampilkan dan sentuh pada tombol sinkronasinya.
Loading comments...
Discover
Misc