Batuk yang terus-menerus bisa jadi sangat mengganggu. Kita tidak bisa tenang di dalam ruangan, batuk di malam hari ketika kita sedang tertidur dapat membangunkan kita. Batuk sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan itu adalah gejala penyakit. Seringkali batuk muncul sebagai gejala terakhir dari pilek. Namun, batuk bisa di picu oleh alasan mulai dari lingkungan hingga penyakit kronis.

Batuk adalah cara di mana tubuh kita menyingkirkan partikel asing, iritasi, mikroba, lendir dan bakteri dari tenggorokan. Dengan cara memaksa udara keluar dari paru-paru di bawah tekanan yang tinggi, tubuh berusaha membersihkan tenggorokan dari partikel asing ini. Ada dua jenis batuk yang kita kenal, batuk kering yang membuat tenggorokan terasa kering dan gatal serta batuk  basah yang ditandai dengan adanya dahak.

Jadi, Batuk sebenarnya melindungi kita, karena ia mengeluarkan barang-barang yang bukan kepunyaan paru-paru dan tenggorokan kita. Berikut ini adalah pemicu umum yang menyebabkan kita batuk.

Virus, Flu, ini adalah pemicu paling umum untuk batuk, ketika kita mau sembuh dari pilek akan ada lendir yang akan terbawa ke tenggorokan, dan batuk menghalangi lendir yang membawa kuman itu untuk masuk ke paru - paru kita.

Lingkungan, tersedak ketika makan atau minum, tempat yang lembab, asap rokok, asap kendaraan atau tempat yang berdebu bisa jadi menyebabkan kita batuk, dengan batuk tubuh berusaha membawa keluar benda yang tidak di inginkan oleh tubuh.

Batuk yang terus menerus, bisa terjadi ketika kita terpapar penyakit bronkitis, dimana Bronkitis adalah peradangan atau pembengkakan pada saluran bronchial (bronkus), saluran udara antara mulut dan hidung dan paru-paru. Atau juga pneumonia yang kita kenal dengan nama paru - paru basah.
Sumber:
Loading comments...
Discover
Misc