Jika kita memperhatikan telur asin yang bertebaran di setiap warung, maka kita akan mendapati bahwa telur itu berwarna biru, yang tidak lain ialah Telur Bebek. Mengapa kita tidak pernah mendapati telur lain yang di asinkan?

Dipilihnya telur bebek sebagai telur asin dikarenakan cara pembuatannya yang bisa jadi bisa menyebabkan pecahnya telur tersebut. Cangkang telur bebek secara umum lebih tebal dari telur ayam, dengan begitu bisa meminimalisir kegagalan pembuatan karena pecahnya telur. Ketebalan cangkang juga berpengaruh pada daya simpan telur tersebut, begitu juga dengan kandungan airnya yang lebih sedikit membuatnya makin awet.

Dalam pembuatannya, telur direndam ke dalam air yang berisi garam. Namun sebelum di rendam, telur bebek tersebut perlu di ampelas guna memperbesar pori - pori cangkang yang nantinya akan memudahkan garam masuk ke dalam telur yang menjadikan prosesnya tidak memakan waktu terlalu lama.

Alasan lain yang membuat telur bebek jadi pilihan. Salah satunya adalah telur bebek memiliki lebih banyak minyak pada bagian kuning telur. Ini membuat rasanya lebih gurih. Begitu pula pada kandungan lemaknya yang lebih tinggi. Membuat citarasanya lebih kaya, gurih dan creamy. Ukuran telur bebek juga yang lebih besar dari telur ayam. Sementara tekstur telur asin dengan penggunaan telur bebek yang sedikit kasar membuatnya terasa nikmat.

Apakah  kita dapat membuat telur asin dari telur ayam atau angsa? tentu saja bisa, misalnya menggunakan telur ayam. Meskipun hasilnya akan sedikit berbeda baik dari segi rasa, tekstur maupun kuning telur yang kurang pekat.

Ilmu Dibalik Pembuatan Telur Asin
Loading comments...
Random Post
Misc