Dengan teknologi miracast, kita bisa menampilkan tampilan layar perangkat yang kita gunakan seperti PC, Laptop, Ponsel maupun TV di perangkat lain tanpa kabel seperti ketika kita menampilkan layar laptop ke proyektor. Miracast diperkenalkan pertama kali oleh Wi-Fi Alliance pada tahun 2012 dan merupakan standar untuk mengirimkan sesuatu untuk ditampilkan melalui koneksi wireless antar perangkat. Miracast merupakan jalan alternative sebagai respon dari teknologi AirPlay yang di miliki oleh Apple. Miracast mendukung perangkat android mulai versi 4.2 dan Windows 8.1 sehingga perangkat ini dapat melakukan screen mirroring.

Seiring dengan perkembangan teknologi, semakin banyak perangkat seperti ponsel dan laptop yang mendukung fitur ini, bahkan jika perangkat yang kita gunakan tidak memiliki perangkat keras wifi, maka kita hanya membutuhkan wifi dongle ataupun alat wifi portable dengan atau tanpa aplikasi tambahan. Miracast dibuat dengan dukungan Wi-Fi Direct yang artinya perangkat dapat saling terhubung secara langsung tanpa membutuhkan perantara Router Wifi.

Untuk menggunakannya, kita hanya tinggal mengaktifkan mode Miracast di perangkat yang bertindak sebagai penerima (host) kemudian melakukan scan di bagian Miracast yang biasanya ada di bagian wireless display pada ponsel android. Namun terkadang cara ini tidak selamanya berfungsi secara semestinya, ambil contoh pada ponsel pabrikan Xiaomi terkadang saat kita telah terhubung dengan perangkat yang bertindak sebagai host di layar perangkat itu tidak menampilkan apapun walaupun status di reciever telah terhubung, dan kadang masih saja muncul tampilan menunggu koneksi atau malah koneksi langsung terputus.

Happycast adalah aplikasi alternatif untuk Miracast dan AirPlay yang berfungsi sebagai screen mirroring atau menduplikasi tampilan ke perangkat lain, ini berarti perangkat seperti TV, Windows, dan MacOs maupun IOS bisa saling mengirimkan tampilan.

Aplikasinya terbagi menjadi dua bagian, yaitu aplikasi yang bertindak sebagai host dan aplikasi (apk) yang bertindak sebagai client. Misal yang akan dijadikan host adalah Set Top Box yang berbasis Android apk untuk host harus di install disini, sementara ponsel harus terinstall apk versi client.

Disini saya menggunakanSet Top Box B760H based android 4.2 (TV Box) untuk host dan telah terpasang aplikasi untuk TV, dan sebagai client adalah Windows 7 dan Ponsel Xiaomi Redmi Note 2 sebagai demo penggunaan, serta TL-MR3020 sebagai Router.

Setelah aplikasi di jalankan di TV Box, koneksikan perangkat yang akan digunakan sebagai Client tersebut ke dalam 1 Wifi Router, dan jalankan aplikasi Clientnya. Aplikasinya berbahasa China, agar lebih mudah memahami langkah untuk screen cast nya, lihat gambar di bawah ini.
Aplikasi ini bisa bekerja tanpa router, namun kita harus menghidupkan mode hotspot di host sebagai penyedia WiFi. Aplikasi ini juga support AirPlay bahkan tanpa meski harus mendownload aplikasi di ios. Di aplikasi ini kita bisa memilih Full Screen cast alias menduplikasi seluruh tampilan, di versi pc bisa cast  jendela dari suatu (Aplikasi) yang di pilih saja, file video dan musik, semetara di ponsel hanya bisa scraan cast dan file gambar saja.

Overall Dari segi frame per second (fps) jika melakukan screen cast maka masih kentara cukup banyak delay meskipun aplikasi di setel ke mode 30Fps, tapi jika kita melakukan cast mode file Video atau Musik dari PC maka tidak akan terlihat ada buffering sama sekali. Untuk aplikasi yang di TV Box mungkin pertamakali mneggunakan membutuhkan koneksi internet unuk mendownload additional data.

Halaman Downloadnya berbahasa China, jadi jika perlu gunakan aplikasi penerjemah instant, atau lihat ilustrasi diatas.

Download Page:
http://download.mirrorcast.com.cn/website/Download.html
Loading comments...
Discover
Misc