Selagi iseng berselancar di Youtube, tidak sengaja saya menemukan video tentang keunggulan ponsel Korea yang di beli langsung di Korea. Dalam tayangan video tersebut, disebutkan bahwa salah satu keunggulannya adalah ponsel tersebut bisa melihat acara tv gratis tanpa menggunakan data atau internet, hanya dengan menggunakan aplikasi yang bernama DMB, yang kebetulan ponsel tersebut buatan Samsung seri Note 8.

Tadinya saya pikir ponsel tersebut dapat menerima siaran tv seperti ponsel buatan china kebanyakan yang dimana hanya bisa menerima siaran tv analog yang banyak semutnya, dan ternyata siaran televisi yang bisa di tangkap dan dimaikan di note 8 itu ialah setara tv digital DVB T2 yang biasa kita tonton di tv digital atau dengan bantuan DVB reciever, dan pastinya gambarnya jernih tanpa semut.

DMB, ialah kepanjangan dari singkatan Digital Multimedia Broadcasting. Adalah sejenis teknologi transmisi radio digital yang dikembangkan di Korea Selatan. Teknologi ini merupkan proyek IT nasional yang bertujuan untuk mengirimkan konten multimedia seperti TV, radio dan datacasting ke perangkat mobile seperti ponsel. Teknologi ini sering disebut sebagai tv ponsel karena teknologi ini mendukung munculnya siaran tv di telepon seluler. Teknologi ini dikembangkan sebagai pengganti radio FM. DMB dapat beroperasi melalui satelit (SDMB) dan melalui terestrial transmitter (TDMB).

Teknologi digital ini mampu memberikan kualitas gambar yang setara dengan sistem siaran televisi digital dan suara sekelas kualitas theater. Teknologi ini semakin memicu produsen ponsel untuk mengintegrasikan siaran televisi dan komunikasi bergerak dalam satu ponsel. DMB memungkinkan pelanggan sistem komunikasi bergerak menerima siaran televisi, baik secara langsung dari satelit maupun dari sistem terestrial. Siaran ini dapat diterima menggunakan ponsel berbasis W-CDMA maupun CDMA 2000. Layanan DMB ini dapat diakses oleh pelanggan yang berada hingga kecepatan 150 km/jam.

Upaya teknologi ini telah dirintis sejak September 2001 oleh SK Telecom, salah satu perusahaan seluler nomor satu di Korea. Pabrikan ponsel asal Korea Selatan dalam hal ini Samsung berkerja sama dengan SK Telecom dan kemudian di susul oleh pabrikan lain. Dan saat ini sudah ada banyak saluran yang dapat di nikmati secara gratis di Korea Selatan bagi siapa saja yang memiliki ponsel yang telah mendukung aplikasi DMB tersebut.

Teknologi ini tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya akan ada layanan TV berbayar, jadi operator seluler juga bertindak sebagai penjual layanan tv berbayar, yang tentunya pasti ada beberapa channel yang dapat dinikmati secara gratis.

DMB di Indonesia sendiri saat ini belum ada karena masih menunggu regulasi dari pemerintah, seperti apakah nantinya ponsel akan dapat langsung menerima siaran dari satelit atau pun melalui penyedia jasa seluler. Saat ini, DMB memiliki pesaingnya untuk diterapkan di Indonesia, ialah DVB-H yang tidak lain adalah siaran DVB-T yang dapat kita nikmati dirumah, tetapi di fokuskan untuk Handheld (Mobile).

Sumber:
Digital Multimedia Broadcasting Wiki 
- Standar mobile TV digital disiapkan
- Seputar Televisi Digital
- Indosat Pamerkan TV Digital di Ponsel
Loading comments...
Discover
Misc