Semua pasti sepakat jika kita mengiris bawang akan membuat mata perih, tetapi ketika kita irisan bawang tersebut telah di goreng ia terasa manis.

Pada zaman Dinasti Mesir 5000 tahun yang lalu, bawang banyak dikonsumsi sebagai bumbu dan untuk obat. Bawang dikaitkan dengan khasiat untuk pencegahan pilek, melonggarkan dahak, mengobati gangguan pencernaan, rangsangan nafsu makan, desinfeksi luka dan membantu menghilangkan parasit dari saluran pencernaan. Pada zaman kuno orang percaya bahwa bawang adalah simbol keabadian karena struktur mereka yang membentuk lingkaran konsentris ketika kita iris . Untuk alasan ini, percaya atau tidak menara berbentuk bawang atau kubah menjadi populer di Rusia dan Eropa Timur; Idenya adalah bahwa bangunan-bangunan ini akan berdiri selamanya.

Mengkonsumsi Bawang bukan berarti membuat kita hidup selamanya tetapi beberapa komponen mereka mungkin memang memiliki manfaat medis dalam mengurangi kolesterol, tekanan darah dan bahkan mungkin risiko kanker.

Bau yang dihasilkan oleh bawang ketika dipotong sebenarnya adalah bentuk pertahanan bawang dari penyerangnya. Ketika kita mengiris bawang, kerusakan jaringan pada bawang melepaskan serangkaian reaksi kimia yang menghasilkan pelepasan propantial S-oksida, zat pengiritasi yang dirancang untuk mengusir penyerangnya. Substansi ini mengandung senyawa yang disebut 1-propenyl-L-cysteine ​​sulphoxide (PRENCSO 1), yang bereaksi dengan enzim untuk membentuk gas sulfur yang mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai faktor lachrymatory (syn-Propanethial-S-oxide). Uap tersebar di udara dan bersentuhan dengan mata kita, bereaksi dengan kelembaban di sana dan membentuk asam sulfat. Mata kita memiliki satu set saraf yang berfungsi mendeteksi sesuatu yang berpotensi membahayakan mata. Jadi, mata kita akan bereaksi terhadap gas yang dilepaskan oleh bawang, sebagai perlindungan diri dan mata pun mengeluarkan air mata.

Banyak solusi yang ditawarkan agak kita tidak mengangis saat mengiris bawang. Misalnya, kita dapat mencoba mendinginkan bawang di kulkas sebelum memotongnya, menjaga jarak kepala kita sejauh mungkin dari talenan. Memotong bawang di dalam air, memakai kacamata pelindung, atau bisa juga dengan cara meminta orang lain untuk memotong bawang.

Menggoreng bawang menyebabkan reaksi lain, menghasilkan pembentukan bispropenil disulfida yang memiliki bau yang sedap dan rasa yang manis contohnya pada jajanan Onion Ring yaitu bawang bombay yang di goreng dengan tepung. Beberapa senyawa lain yang lebih keras juga ikut hancur ketika digoreng, hal ini ditandai dengan bau yang terasa kencang. Oleh karena itu, kita tidak akan menangisi bawang yang dimasak, karena panas menghancurkan enzim yang diperlukan bawang untuk membentuk propantial S-oksida.

Referensi:
Loading comments...
Discover
Misc