Konfigurasi PPSSPP Android Tanpa Lag
PPSSPP adalah Emulator PSP yang bisa dijalankan di berbagai macam Device, ia merupakan kepanjangan dari "PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably". Dengan lisensi open Source memungkinkan orang lain dapan berkontribusi untuk mengembangkan aplikasi ini, yang pada akhirnya semakin hari, semakin bertambah kompabilitas dari aplikasi ini untuk memainkan sebuah game. Dari yang misalnya sebelumnya tidak bisa berjalan di aplikasi ini atau masih terdapat bug, tidak mustahil di versi aplikasi berikutnya sudah terlihat perubahan drastis dari segi improvement.

Aplikasi ini juga bergantung pada seberapa bagus resource yang dimiliki oleh Device yang digunakan. Semakin bagus device yang digunakan semakin bagus pula hasil yang didapatkan. Bagi sebagian orang, Grafis adalah bukan segalanya, melainkan bagaimana caranya agar dapat memainkan game tersebut secara lancar tanpa lag. untuk hal itu, kita butuh Frame per Second atau disingkat FPS sebesar 30fps atau 60fps.

Untuk mendapatkan FPS yang cukup pada Android yang memiliki Spefisipikasi minimum atau sering kita sebut Low-End Device, kita bisa memanfaatkan setelan dari Aplikasi PPSSPP tersebut. Dibawah ini akan di ulas tiap tiap setelan yang ada pada PPSSPP yang setidaknya bisa dijadikan referensi untuk diterapkan pada masing-masing Android.

PPSSPP Android Settings Graphics

Rendering Mode
Backend
    OpenGL
    Vulkan

Mode
    Buffered rendering
    Skip Buffer Effects

Simulate Block Transfer Effects

Bagian ini bertanggungjawab atas grafik yang dihasilkan. Pada android tipe lama cuma ada pilihan OpenGL. Vulkan adalah cara baru untuk merender gambar, selain itu di PC juga ada DirectX. Buffered Rendering kadang dibutuhkan untuk menampilkan gambar secara tepat, jika kita mendisable bagian ini, mungkin ada beberapa gambar yang tidak ditampilkan atau terlewati karena gambar langsung di render tanpa di proses terlebih dahulu.
Framerate Control
Frameskipping
Auto Frameskip
Prevent FPS from Exceeding 60
Alternative Speed
Alternative Speed 2

Ketika ada game yang terlalu berat, selain gambarnya patah-patah atau freeze, kita juga akan mendapatkan suara yang putus-putus. Frameskipping bisa mengatasi hal itu, coba beri nilai 1 pada bagian frameskipping. Jika di dalam game hanya ada beberapa bagian yang freeze, kita bisa mengaktifkan mode auto frameskip, artinya frameskip akan dilakukan secara otomatis jika game tersebut patah-patah.
Features
Postprocessing Shader
Display Layout Editor
Immersive mode

Disini kita bisa mengatur tampilan dari sebuah game yang dimainkan. Post processing shader ialah metode untuk memberikan effect kedalam game, ia bisa membuat gambar menjadi terlihat semakin bagus. Namun shader ini bisa membuat PPSSPP semakin berat, jadi tidak dianjurkan jika kita memiliki Android yang punya spesifikasi minimum.
Performance
Rendering Resolution
Display Resolutiion
Hardware Transform
Software Skinning
Vertex Chache
Lazy Texrure Chaching
Retain Changed Texture
Disable Slower Effects
Spline/Bezier Curves Quality
Hardware Tessellation

Bagian Performance adalah bagian yang paling banyak berpengaruh atas kelancaran sebuah game. Di bagian Rendering Resolution, ini memiliki fungsi untuk keluaran gambar. Semakin tinggi semakin bagus gambar yang didapat. Auto 1:1 berarti game akan di perbesar sesua dengan layar Android yang dimiliki, tetapi untuk android kelas bawah dianjurkan untuk menyetel 1x PSP agar mendapatkan FPS yang lebih besar.
Ini adalah contoh screen capture game Jeane d Arc dengan Rendering Resolution 1:1 Auto. FPS dan speed yang didapat kecil, ini tentu membuat lag.

Display Resolution berarti gambar yang tadi di render akan di scale atau diperbesar sesuai dengan ukuran yang di setel disini. Native device resolution berarti akan diperbesar sesuai dengan layar android yang digunakan.
Rendering 1x PSP dengan Scaling Screen Native Device Resolution, gambar nampak agak sedikit jelek, tapi FPS dan Speed yang didapat lebih besar.

Jika buffered Rendering aktif, biasanya kita membutuhkan Hardware Transform, Software Skinning dan Vertex Cache diaktifkan untuk mendapatkan gambar yang tepat. Untuk menambah speed atau memperbesar FPS kita bisa mengaktifkan Lazy texture caching, dan disable slower effects.
Texture Scaling
Upscale Level
Upscale Type
Deposterize

Seperti namanya, texture scaling adalah metode untuk melakukan pembesaran setiap gambar. Semakin besar semakin baik gambar yang didapat. Setiap game memiliki beberapa gambar dan kemudian disatukan kedalam tiap frame. untuk meringankan beban android kita perlu mendisable atau memilik OFF pada opsi ini.
Texture Filtering
Anisotropic Filtering
Texture Filtering
Sceen Scaling Filter

Bagian ini digunakan untuk memfilter keluaran gambar. Untuk tipe android kelas bawah, cukup aktifkan bagian Screen Scaling Filter, agar lebih bagus, kita bisa menggunakan mode Linear.
Hack Settings
Timer Hack
Disable Stencil test
Lower Resolution for Effects

Dibagian ini ada bagian Lower Resolution for Effects. Ini berguna ketika kita mendapati ada game yang mempunyai special effect yang sangat banyak, seperti partikel api, hembusan angin, dan lain lain.

Kesimpulannya, Untuk mendapatkan game dengan kualitas FPS yang bagus, kita hanya perlu memainkan bagian Performance pada Rendering Resolution. Game akan mendapatkan lebih banyak speed jika kita mendisable Buffered Rendering atau memilih mode Skip Buffer Effects.
Loading comments...
Discover
Misc