Sebelum Wi-Fi terkenal seperti sekarang, disaat HandPhone masih belum mendapatkan embel-embel Smart, dan kabel konektor dari HandPhone masih mahal serta sulit ditemukan, dalam hal Sync / Transfer data saat itu teknology Bluetooth yang menjadi Primadona, walaupun dari segi Speed masih lamban.

Dengan Bluetooth dan PC Suite dari masing - masing Merk yang biasanya disertakan saat membeli HandPhone, kita bisa membaca atau juga mengirim SMS, mengedit kontak, dan tentunya berbagi files. Fitur itu dikenal dengan nama OBEX yang merupakan kepanjangan dari Object Exchange, yang didalamnya ada fitur File Transfer Profile (FTP), Object Push Profile (OPP), Phone Book Access Profile (PBAP), dan Message Access Profile (MAP)

Disaat kemunculan Android, metode ini tergantikan dengan teknologi Wi-Fi. Sebut saja Kies milik Samsung tidak menyertakan metode konektivitas via Bluetooth selain Wi-Fi dan USB. Namun bukan semua fitur dari Bluetooth dihilangkan, kita tetap bisa mengirim file atau menerima file yang kita mau dari Device dengan Bluetooth lain. Padahal akan lebih mudah jika kita bisa Browsing file apa saja yang ada pada Device tersebut seperti PC Suite dahulu kala.
Android VS PC Obex File Transfer Profile with Obex Commander

Untuk mendapatkan fitur OBEX di Android yang kita butuhkan hanyalah membuat Smartphone kita menjadi Server, mudahnya, kita membutuhkan Aplikasi pihak ketiga untuk hal itu. Diantara Aplikasi tersebut adalah:
Jika ada Server, tentunya kita juga butuh Aplikasi yang bertindak sebagai Client yang akan berguna untuk menangkap data dari Server, dalam hal ini ada Software yang dapat digunakan untuk PC Desktop / Laptop maupun Android. Diantaranya :
Bagaimana mengaktifkan metode Bluetooth OBEX di Android?
Opsi 1: BlueFTP
Setelah menginstall Aplikasi BlueFTP ( Bluetooth File Transfer ) di Android dan menjalakan aplikasi tersebut, defaultnya secara otomatis ia akan mengaktifkan mode Server untuk FTP yang memungkinkan untuk Client melakukan Folder Browsing.

Opsi 2: Astro Bluetooth Module
Astro Bluetooth Module Android Jika mencari keyword Astro Bluetooth Module di Playstore, yang akan kita dapatkan hanya Astro File Manager NoAds, dengan kata lain ia sudah tidak ada lagi di Playstore. tetapi kita masih bisa menemukan File tersebut di internet dengan keyword "Astro Bluetooth Module apk". saat ini yang paling baru masih versi 1.0.4 meskipun begitu ia tetap membutuhkan Astro File Manager, jadi kita harus menginstall ke-dua aplikasi ini.

Untuk mengkaktifkan mode Server, setelah di install buka Aplikasi Astro Bluetooth Module, Centang Bluetooth, Discoverable, dan yang paling penting OBEX FTP Server. Defaultnya  folder yang kita share adalah external storage. Untuk menggantinya tekan "Tombol Menu" Softkey/Hardkey untuk memunculkan menu "Preference" dibagian tersebut kita dapat mengubah "Shared Directory" folder yang nantinya akan di sharing untuk Client.

Dari kedua aplikasi sebagai server diatas, Astro Bluetooth Module lebih stabil ketimbang BlueFTP yang sering membuat aplikasi Client malah menjadi Hang.

File Browsing dan Mengirim / Menerima File / Folder dari Client ke Server.
Dari ke 3 Aplikasi Client yang disebutkan diatas, masing - masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Misalnya BlueFTP yang khusus untuk windows10 yang didapatkan dari Windows Store dengan yang biasa, ada fitur PBAP yang memungkinkan kita untuk melihat kontak yang ada di Android kita, namun itu cuma bisa digunakan ketika kita juga menjalankan App BlueFTP di Android. Sedangkan OBEX Commander bisa mendapatkan Message (MAP) maupun Kontak (PBAP) tanpa ada server berjalan di Android.

Melakukan Folder Browsing dengan BlueFTP.
Setelah menjalankan Mode Server di Android melalui aplikasi BlueFTP atau Astro Bluetooth Module, yang perlu dilakukan adalah menekan tombol "Connect" dengan begitu ia akan mencari Bluetooth Device yang terlihat di sekitar. Jika itu pertama kali nya maka kita diharuskan melakukan "Pair" seperti biasa kita pairing Bluetooth dengan device lain.

Melakukan Folder Browsing dengan OBEX Commander.
Jalankan OBEX Commander lalu klik pada icon "Connect" di pojok kiri atas, setelah muncul jendela baru klik di gambar Bluetooth. Dibagian Service, pilih "Folder Browsing" dan setelah Android Device yang kita tuju sudah terlihat, klik 2x pada target tersebut. Jika kita sebelumnya telah mengaktifkan mode Server di Android target tersebut maka ia akan menampilkan folder yang kita share.

Dari pengalaman menggunakan kedua aplikasi Client diatas, untuk Hal File Transfer Profile (FTP) dengan OBEX Commander seringkali gagal mendapatkan file, jadi pilihan untuk mengambil file maupun memasukan file lebih enak menggunakan BlueFTP.  Dengan Obex Commander bisa membaca pesan masuk yang ada di Android dengan cara memilih Service sebagai "Message Access" sebelum konek, namun begitu ia akan gagal ketika kita mencoba untuk mengirim SMS.

OBEX Commander memiliki versi Android yang dapat kita temukan di Playstore versi Gratis maupun berbayar, ini artinya ketika ada Satu Android lain yang Aktif menjadi Server, kita dapat melakukan folder Browsing juga seperti halnya kita melakukanya dengan PC ke Android. Yang menarik, Obex Commander ini jika kita perhatikan di alamat pengembang Playstore akan terlihat bahwa ini adalah Aplikasi karya anak bangsa asal Surabaya.

Jika kita ingin menjadikan PC Desktop / Laptop menjadi Server, ada aplikasi yang juga dari IntraDharma yg bernama OBEX Daemon. Meskipun begitu, jangan samakan dengan metode Streaming via Wi-Fi karena speed dari Bluetooth di pasaran rata-rata 100-150Kb/s.


Loading comments...
Discover
Misc